Bilal, Robot yang Bisa Ajarkan Salat


Kesibukan orangtua muslim dan kecanggihan teknologi menjadi ilham pengembangan robot humanoid untuk pendidikan Islam. Maksudnya adalah meskipun orangtua sedang sibuk, anak-anaknya tetap bisa belajar tentang pendidikan Islam, terutama mengenai gerakan salat. Karena itulah diciptakan robot bernama Bilal, yaitu robot yang bisa mengajarkan gerakan salat dan bacaannya.

Sambil memperagakan gerakan salat, robot Bilal mengeluarkan suara bacaan doa-doa salat. Terdapat layar di bagian depan robot yang akan menampilkan tulisan doa yang diucapkan robot Bilal, dalam bahasa Inggris dan Arab.

â??Perhatian terbesar orangtua muslim di seluruh dunia adalah memberikan pendidikan, latihan, dan antusiasme agama yang cukup, untuk anak-anak mereka,â? demikian dikutip dari Bilalrobot, Kamis (28/5/2015).

Robot buatan As-Siraat Enterprises (ASE) ini memiliki keunikannya sendiri. Selain bisa mengajarkan bacaan sejumlah ayat Alquran, Bilal bisa melakukan gerakan salat, mulai rukuk hingga sujud. Selain mengajar tata cara salat, robot pintar ini juga mumpuni dalam mengajar matematika,  alfabet, frasa, dan bahasa Arab. Perusahaan asal Connecticut yang didirikan oleh Nimer Mohammed Ead ini merancang robot Bilal dengan basis operasi Android.

Bilal dikembangkan setelah ASE melihat anak-anak saat ini lebih banyak dikelilingi dan sibuk dengan teknologi canggih, yang banyak mengalihkan perhatian anak-anak kepada hiburan daripada pendidikan. â??Anak-anak muslim juga terlalu sibuk bermain dan berinteraksi dengan gadget daripada mempelajari ilmu agama dari buku atau benda kuno lainnya.â?

Selain itu, orangtua yang sibuk bekerja dan tak sempat mengawasi pendidikan anak semakin meningkat. Kondisi inilah yang mendorong ASE mencoba memberikan solusi dengan menciptakan robot Bilal yang bisa memberikan hiburan sekaligus pendidikan agama kepada anak-anak.

â??Menjaga anak-anak belajar dan terhibur di samping secara terus menerus memenuhi kebutuhan agama dan pendidikan mereka.”

Robot ini sebenarnya telah dikonsep sejak 2009. Namun prototipe baru digarap tahun lalu. Penampilan robot Bilal memang terbilang masih sederhana dan gerakannya masih kaku. Itu sebabnya ASE masih terus mengembangkan kemampuannya. Karena butuh dana besar, produsen Bilal berusaha mengumpulkan biaya melalui situs KickStarter.

Kamu bisa lihat peragaan robot Bilal ini pada video di bawah ini.

[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=bADX2s2ZYXs][/youtube]

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak