FOTO: Penampakan Film Sebelum dan Sesudah Diberi Efek Khusus


Teknologi efek khusus atau efek visual yang digunakan dalam membuat film memang sangat membantu para pembuat film untuk memudahkan pekerjaan mereka untuk membuat efek atau setting di lokasi tertentu. Tim pembuat film saat ini tak perlu membuat studio lokasi sendiri atau berpindah-pindah lokasi syuting hanya untuk mengambil adegan film untuk sekedar hitungan detik atau menit.

Selain membuat budget untuk membuat film menjadi lebih murah, dengan menggunakan efek visual ini maka para pemain film mendapatkan tantangan ekstra setiap kali melakukan syuting film. Biasanya, mereka berada di lokasi atau dihadapkan pada obyek yang nyata seperti di dalam film, namun kini mereka harus berakting dikelilingi layar hijau atau biru yang nantinya akan diberi efek visual sebagai finishing-nya.

Tentunya bukanlah perkara yang mudah bagi para pemain film tersebut untuk bisa berakting di tengah studio kosong yang hanya diisi berbagai layar hijau atau biru dan hanya mampu membayangkan sendiri seperti apa setting sesungguhnya di dalam film nantinya.

Di televisi dan dunia film sudah umum menggunakan teknik editing dengan layar hijau. Bagian belakang pada latar belakang akan ditutup dengan bagian warna hijau, lalu menggunakan teknik editing seperti teknik Photoshop maka bagian hijau dapat di isi dengan gambar lain. Dari sini muncul pertanyaan, kenapa harus warna hijau atau biru?

Teknik menggabungkan dua gambar menjadi satu ini dinamakan Chroma Key atau Kunci Kroma. Warna hijau dan biru pada layar digunakan dengan alasan warna-warna inilah yang paling tidak menyerupai warna kulit. Saat ini warna hijau paling sering digunakan dibandingkan warna lain, sebab sensor penerima gambar di kamera video digital paling sensitif dengan warna hijau.

Saat ini sudah banyak film Hollywood yang menggunakan metode ini untuk memproduksi film-filmnya. Seperti misalnya film “The Avengers”, “Life of Pi”, atau bahkan “Good Day to Die Hard”. Di bawah ini adalah foto-foto adegan dalam film sebelum dan sesudah diberikan efek khusus, yang diambil dari berbagai sumber. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak