Dont be Captious

Kenapa Hati Dipilih Jadi Lambang Cinta?

Hati manusia hingga kini masih dipakai sebagai lambang cinta. Dalam sebagian masyarakat Jawa, simbol cinta tersebut juga diibaratkan sebagai gambar daun waru. Lalu apa yang menjadi alasan dipilihnya hati itu menjadi lambang cinta?

Lahirnya lambang cinta yang berbentuk hati (jantung) ternyata memiliki sejarah yang beragam dan panjang. Lambang cinta yang berbentuk hati tersebut mulai banyak dikenal pada era Victoria yang berlangsung di Inggris pada tahun 1837 hingga 1901.

Namun, hingga kini belum ada yang bisa memastikan, bangsa mana yang pertama kali mencetuskan ide tersebut dan tahun berapa diciptakan. Versi lain menyatakan bahwa simbol itu mulai digunakan oleh gereja Katolik pada akhir abad ke-17.

Klaim ini didasarkan pada pernyataan Saint Margaret Marie Alacoque, seorang biarawati yang berasal dari Prancis. Marie menyatakan bahwa dirinya melihat mahkota yang ujung-ujung runcingnya berhias gambar hati lambang cinta. Selain di mahkota, simbol hati ini juga dilihatnya di dekorasi-dekorasi jendela bangunan yang ada saat itu, seperti dilansir dari Heartsmith, Kasmi (28/5/2015).

Hati lambang cinta (Heartsmith)
Hati lambang cinta (Heartsmith)

Sebuah versi sejarah lainnya menyebutkan bahwa simbol hati sebagai lambang cinta ini telah digunakan oleh bangsa Yunani sekitar 3 ribu tahun SM. Lambang tersebut merupakan gambar daun Ivy yang dipercaya berkhasiat membakar cinta. Bentuk daun ivy memang berbentuk seperti hati, dan merupakan daun yang melambangkan keabadian (evergreen). Namun versi kisah ini, belum dilengkapi dengan bukti arkeologi yang menguatkannya.

Kemudian sejarah hati versi lainnya terdapat di Mesir. Hanya saja di wilayah ini tidak tertulis tahun pasti soal digunakannya lambang tersebut. Disebutkan bahwa di Mesir, lambang cinta itu digunakan untuk menjelaskan bahwa hati menjadi sumber kekuatan penting dalam mitos peradaban di wilayah tersebut.

Terakhir, gambar hati yang terpahat pada sebuah batu ditemukan di reruntuhan kota kuno di Afrika bagian utara. Kota tua tersebut dulunya bernama Cyrene yang merupakan salah satu pusat peradaban penting di abad ke-7 SM.

Terlepas dari asal usul hati menjadi lambang cinta, tak bisa dipungkiri kalau gambar hati ini memang identik dengan hal yang berhubungan dengan cinta. (tom)

Apa Komentarmu
Loading...