2 Gunung yang Sering Digambar Anak SD Ternyata Benar-benar Ada


Anak SD biasanya senang jika diberikan tugas menggambar bebas. Biasanya pula mereka akan menggambar dua gunung dan matahari di antaranya, lengkap dengan sawah dan jalanan menuju ke gunung tersebut. Tak lupa juga ada awan atau burung sebagai pemanis gambarnya. Mungkin kamu juga salah satu yang pernah menggambar seperti itu ketika SD. Namun tahukah kamu, kalau ternyata pemandangan seperti itu ternyata benar-benar ada? Uniknya lagi, pemandangan itu ada di Indonesia.

Nama kedua gunung tersebut yaitu Gunung Sumbing dan Sindoro, yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah. Apabila kita perhatikan dari kejauhan memang bentuk dua gunung tersebut terlihat kembar, apalagi di lerengnya yang terhampar sawah milik warga sekaligus juga dipisahkan oleh sebuah jalan.

Gambar anak SD di dunia nyata (HotMagz)
Gambar anak SD di dunia nyata (HotMagz)

Dilansir dari Hotmagzcom, Senin (1/6/2015), Gunung Sumbing berlokasi di Kabupaten Temanggung dan memiliki ketinggian 3.340 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan Gunung Sindoro berlokasi di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo memiliki ketinggian 3.155 mdpl. Kedua gunung ini juga masih menjadi tempat favorit untuk pendakian.

Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Meski sudah tidak aktif, namun di puncaknya masih terdapat kawah. Kondisi alam di sekitar gunung ini sangat subur sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai perkebunan.

Gunung Sumbing (HotMagz)
Gunung Sumbing (HotMagz)

Sementara itu Gunung Sindoro termasuk dalam kategori gunung stratovolcano alias gunung tidur dan sewaktu-waktu bisa erupsi. Erupsi terakhir adalah pada 1906 dan semenjak itu hanya terjadi peningkatan aktivitas saja. Kondisi alam di kaki gunung ini adalah sebuah hutan, dan di bagian puncak gunung terdapat kawah yang masih sering mengeluarkan gas belerang. Di samping kawah kita juga bisa menemui sebuah sabana rumput luas membentang yang disebut â??Segoro Wediâ?.

Gunung Sindoro (HotMagz)
Gunung Sindoro (HotMagz)

Belum diketahui juga alasan mengapa anak SD zaman dahulu suka menggambar gunung. Beberapa orang beranggapan anak SD zaman dulu terlalu didoktrin oleh pemandangan gunung saja, walaupun sebenarnya masih banyak kekayaan alam Indonesia lainnya seperti laut atau danau. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
23
Love
OMG OMG
11
OMG
Yaelah Yaelah
41
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
61
Ngakak