Dont be Captious

Manusia Bakal Jadi Cyborg di Masa Depan?

Zaman sekarang, manusia telah menciptakan berbagai teknologi, salah satunya adalah robot. Seorang sejarawan menyatakan manusia nantinya cenderung akan menjadi cyborg dalam jangka 200 tahun ke depan. Hal itu dikarenakan mereka secara bertahap bergabung dengan teknologi seperti komputer dan smartphone.

Cybernetic organism alias cyborg adalah istilah yang dipakai untuk menyebut makhluk hidup yang sebagian tubuhnya digabungkan dengan mesin atau robot.

Cyborg biasanya cuma ditemukan di film fiksi ilmiah. Tapi, seorang profesor bernama Yuval Noah Harari dari Universitas Yerusalem meramal bahwa nantinya kita bakal bisa menemui cyborg di kehidupan sehari-hari.

“Saya rasa kemungkinan dalam 200 tahun ke depan homo sapiens (manusia) bakal meningkatkan diri mereka menjadi semacam ‘dewa’, entah lewat rekayasa genetika atau menciptakan cyborg, gabungan antara makhluk organik dengan mesin,” kata Harari dikutip dari Telegraph, Rabu (3/6/2015).

“Perkawinan” antara manusia dengan mesin yang mewujud dalam bentuk cyborg itu disebut Harari bakal menjadi “evolusi terbesar dalam biologi”, semenjak kehidupan muncul di bumi 4 miliar tahun yang lalu.

Harari percaya bahwa manusia pada akhirnya tak akan bisa menahan godaan untuk melakukan “upgrade” terhadap dirinya sendiri. “Kita pada dasarnya tak pernah puas,” kata Harari, . “Bahkan ketika manusia memperoleh aneka pencapaian, itu semua tak akan cukup. Kita selalu menginginkan lebih.”

Meski demikian, Profesor Harari mengingatkan bahwa teknologi cyborg akan terbatas bagi orang yang paling kaya di masyarakat, sehingga memperlebar jurang antara si kaya dan miskin. Di masa depan mungkin orang kaya akan hidup selamanya dan yang miskin akan mati.

Profesor asal Hebrew University of Jerusalem ini baru saja menerbitkan buku yang juga diterjemahkan ke dalam 30 bahasa, yakni “Sapiens: A Brief History of Humankind”.

Hal senada juga diungkapkan oleh seorang ilmuwan Cambridge, Hannah Critchlow, yang mengatakan manusia bisa mengunduh otak mereka ke komputer sehingga mereka dapat hidup selamanya sebagai mesin, layaknya konsep yang digambarkan dalam film.

Critchlow mengatakan bahwa komputer yang mampu menciptakan 100 triliun koneksi di otak mungkin dilakukan, yang intinya akan memungkinkan bagi orang untuk hidup di dalam mesin. Ilmuwan tersebut juga menyatakan bahwa otak itu bekerja seperti sebuah papan sirkuit besar komputer. (tom)

Apa Komentarmu
Loading...