Tom Wagg, Remaja 15 Tahun Penemu Planet Baru


Tom Wagg, remaja penemu planet baru (telegraph.co.uk)

Masa-masa remaja merupakan masa yang sangat menyenangkan. Pada masa tersebut, remaja mungkin akan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain.

Namun bagaimana dengan Tom Wagg? Remaja berusia 15 tahun ini berhasil mengalahkan para astronomi setelah menemukan sebuah planet baru, meskipun melalui ketidaksengajaan.

Tom Wagg yang kala itu magang di Keele University, Staffordshire, memiliki tugas untuk mengoleksi data-data yang diperoleh dari sebuah kamera di Afrika Selatan.

Kamera di Afrika Selatan ini merupakan teleskop yang bertugas memantau jutaan bintang di galaksi. Teleskop ini merupakan bagian dari sebuah proyek yang bernama Wide Angle Search of Planet (WASP).

Teleskop lain yang memiliki kesamaan juga ditempatkan di La Palma, Kepulauan Canary dan bertugas memantau bintang di sebelah utara.

Dalam satu kesempatan, Tom Wagg menangkap kerlip kecil cahaya dari sebuah bintang yang berjarak 1000 tahun cahaya dari teleskop di Afrika Selatan.

Dikutip dari dairymail.co.uk, bahwa para astronomi mengemukakan hasil penemuan Tom Wagg yang berdasarkan ketidaksengajaan ini pada Kamis, 11 Juni 2015 lalu.

Tom Wagg ketika diwawancara (express.co.uk)

Sebelumnya, temuan Tom Wagg ini telah diobservasi selama dua tahun lamanya. Akhirnya hasil para astronom memastikan bahwa bayangan yang muncul tersebut akibat dari sebuah planet yang melintas di depan sebuah bintang yang tengah redup cahayanya.

Melalui pengamatan itu juga diperoleh kesimpulan sementara, bahwa planet itu diyakini memiliki ukuran sebesar Jupiter, planet terbesar di Bima Sakti. Planet baru ini mengorbit sebuah bintang di konstelasi Hydra atau ular air, di sisi selatan angkasa. Suhu di planet baru ini diperkirakan bisa mencapai 1.000 derajat Celcius.

Karena itu, para astronom juga mendaulat Tom Wagg sebagai orang termuda yang berhasil menemukan planet baru, saat berusia 15 tahun. “Saya sangat senang telah menemukan sebuah planet dan saya sangat terkesan karena planet itu berjarak sangat jauh dari Bumi,” kata Tom Wagg yang kini berusia 17 tahun.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak