Sejarah di Balik Fungsi Kantung Kecil Jeans


Celana jeans merupakan celana yang populer digunakan, baik oleh anak-anak muda maupun orang dewasa. Jika kamu perhatikan, ada beberapa celana jenas yang terdapat kantung kecil di saku sebelah kanan. Apakah kamu tahu apa fungsi dari kantung kecil tersebut?

Dilansir dari Erteerwecom, Selasa (23/6/2015), ternyata fungsi kantung kecil di saku tersebut berkaitan dengan sejarah penemuan celana jeans itu sendiri. Kisah pembuatan celana jeans dimulai dari seseorang yang bernama Levi Strauss, pemuda berumur 20 tahun yang berasal dari Bavaria (Jerman), Eropa. Strauss berangkat ke San Fancisco pada tahun 1847 dengan bermodal beberapa potong tekstil yang akan dijual ke Barat. Pada saat itu di Amerika Serikat sedang demam tambang emas, dan Strauss mencoba peruntungannya dengan menjual tekstilnya kepada para penambang emas. Strauss berhasil menjual seluruh barangnya kecuali tenda-tenda yang terbuat dari kanvas.

Kemudian dari sisa potongan kanvas tersebut, Strauss membuat beberapa potong celana untuk kemudian dijual kembali kepada para pekerja tambang. Dan ternyata para pekerja tambang tersebut menyukai celana kanvas buatan Strauss. Hal ini dikarenakan celana kanvas tahan lama, tidak mudah rusak ataupun sobek. Karena celana kanvas buatan Strauss laku keras, ia mulai berimprovisasi dengan menggunakan bahan yang lain yang ia pesan dari Genoa, Italia. Para pemintal di Genoa menyebut bahan yang ia pesan tersebut dengan nama â??genesâ? dan oleh Strauss diubah menjadi â?? bluejeansâ? setelah ia mencelupnya dengan warna indigo.

Dari sinilah Strauss mulai memproduksi calana jeans dalam jumlah yang banyak, dan para penambang pun ketagihan dengan celana buatan Strauss hingga muncul istilah â??those pants of Leviâ??sâ? (celana si Levi). Setelah itu tercetuslah merk dagang bernama â??Leviâ??sâ?, yang merupakan merk dagang celana jeans pertama di dunia.

Produk perdana dari Levi Strauss adalah “Levi’s 501”. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan. Karena diperuntukkan bagi para penambang, saku ini tentu bukan untuk bergaya. Tetapi saku imut-imut ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil yang ditemukan oleh penambang, agar aman dan tidak mudah jatuh.

Meski kini celana jeans sudah diproduksi dalam berbagai merk dan bukan hanya untuk para penambang, tetapi kantung kecil itu masih tetap ada. Tentu saja sekarang fungsinya sekarang tidak lagi digunakan sebagai tempat menyimpan butiran emas. Ada yang menggunakan kantung kecil itu sebagai tempat untuk menaruh uang koin. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak