Terungkap, Lagu Pertama di Dunia

Sekarang ini kita sudah bisa mendengar banyak lagu, baik dari negeri sendiri maupun luar negeri. Jumlahnya tidak terhitung, dan terdiri dari bermacam-macam jenis musik. Namun tahukah kamu apa lagu yang dianggap sebagai lagu pertama di dunia?

Dilansir dari National Geographic, Senin (29/6/2015), menurut Trevor Homer dalam bukunya â??The Book of Originâ?, lagu pertama yang dibuat manusia adalah lagu himne Suriah berjudul â??Hymn to Creationâ? atau dikenal juga dengan nama “Hurrian Hymn no.6″, yang ditulis dalam bahasa cuneiformâ??yang juga merupakan bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia. Bahasa itu digunakan oleh bangsa Sumeria di tenggara Mesopotamia 5000 tahun yang lalu. Himne Suriah itu sendiri dibuat 3400-4000  tahun silam.

Dalam buku yang sama juga disebutkan bahwa orang-orang Yunani merupakan yang pertama kali mengembangkan sistem simbol atau notasi untuk mencatat musik. Notasi itu tersusun dari dua sistem huruf berbeda, yaitu notasi untuk instrumen dan notasi untuk musik vokal.

Sejarah musik modern sendiri tak bisa dilepaskan dari sosok Boethius, yang sejatinya adalah soerang filsuf Yunani. Boethius, yang hidup pada tahun 470-525 Masehi, menulis lima buku tentang teori musik. Ia juga mengembangkan sistem notasi musik menggunakan 15 huruf pertama dalam deretan alfabet.

Setelah penemuan notasi musik oleh Boethius, dunia musik semakin berkembang, dan lahir musisi-musisi berbakat. Namun pada saat itu, orang-orang masih bermain musik dengan cara sederhana, yakni, saat berkumpul, beberapa orang akan membentuk ansambel.

Pada akhirnya, awal abad ke-17, pertunjukan orkestra pertama dalam sejarah pun diselenggarakan. Penampilan orkestra pertama itu diselenggarakan pada tahun 1615, menampilkan persembahan musik karya Giovanni Gabrieli: “Sacrae Symphoniae”.

Kamu bisa dengar lagunya pada video di bawah ini.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Tips Tetap Semangat Kerja Saat Puasa

Rizman, Orang Indonesia Pertama yang Akan ke Luar Angkasa