Siap-siap, Motor Terbang Bakal Jadi Kenyataan


Setelah kabar adanya skateboard terbang seperti yang ada di film “Back to the Future”, kini ada lagi kabar serupa. Kali ini adalah motor terbang alias hoverbike. Motor terbang sebentar lagi menjadi kenyataan setelah insinyur asal Inggris dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk menjalin kerja sama dengan Departemen Pertahanan AS membangun kendaraan fantasi tersebut.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/6/2015), insiyur dari Malloy Aeronautics sebelumnya telah berhasil membuat prototipe motor terbang atau hoverbike berskala besar. Motor terbang berbobot 270 kg itu merupakan gabungan antara sepeda motor dengan kemampuan dan kebebasan helikopter dalam terbang. Namun bedanya, dari sisi biaya, hoverbike lebih murah, lebih luwes dan lincah, serta lebih mudah dioperasikan.

Jika tangki bahan bakar terisi penuh, maka motor terbang ini mampu menemouh jarak hingga 147,2 kilometer. Waktu tempuhnya pun cukup cepat, yakni 45 menit.

“Ada banyak keuntungan hoverbike dibanding helikopter biasa, terutama soal keselamatannya yang lebih terjamin dan juga harga yang lebih murah,” ujar direktur marketing Malloy, Grant Stapleton.

Menurut Departemen Pertahanan AS, proyek ini tidak lain untuk mengembangkan versi besar dari motor terbang sehingga dapat ditunggangi manusia. “Untuk memenuhi kebutuhan militer,” kata Mark Butkiewicz dari Departemen Pertahanan AS.

Dikatakan, jika telah sempurna, motor terbang ini akan memiliki stabilitas dan manuver yang baik, serta dapat dikontrol menggunakan remote. Motor terbang ini nantinya juga diperkuat oleh bahan pembuat motor yang sebagian besar terbuat dari fiber karbon ringan.

Selain untuk kebutuhan militer, motor terbang ini nantinya juga dapat digunakan untuk misi-misi kemanusiaan. Misalnya, untuk pencarian korban kecelakaan atau bencana yang sulit dijangkau dengan teknologi yang tersedia saat ini.

Meskipun bekerja sama dengan pihak militer, Malloy Aeronautics dijamin akan tetap menjadi perusahaan independen. Mereka juga berharap agar motor terbang ini akan dapat menembus pasar komersil dan kebutuhan rekreasi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak