Pencipta Motor Honda Dahulunya Seorang Cleaning Service


Soichiro Honda (indianstory.com)

Saat ini jalan raya semakin sesak dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Motor dan mobil merajai setiap jalanan. Tak pelak hal tersebut membuat macet. Demi menghindari macet akkhirnya banyak masyarakat yang memilih menggunakan motor.

Bicara mengenai motor, apakah merk motormu? Apakah Honda? Tak disangka-sangka, ternyata Soichiro Honda, presiden perusahaan motor asal Jepang tersebut awalnya hanyalah seorang cleaning service.

Beliau merupakan seorang anak pertama seorang pandai besi bernama Gihei Honda. Soichiro Honda bukanlah anak beruntung yang bisa menikmati bangku pendidikan yang baik, ia juga bukan termasuk anak yang berprestasi di sekolahnya.

Awalnya, Soichiro Honda bekerja sebagai cleaning service pada perusahaan Art Shokai. Di sinilah bakat terpendamnya mulai muncul berkat arahan dan bantuan dari sang pemilik bengkel. Ketertarikannya pada dunia otomotif mulai muncul.

Selang enam tahun kemudian, beruntung sekali Soichiro Honda karena ia dipercaya untuk membuka cabang bengkel Art Shokai di Hamamatsu. Ketika menjalani usaha tersebut, banyak halangan yang ia temui.

Art Shokai di Hamamatsu (hondasacuras.com)

Ternyata, di kota kecil tersebut, banyak bengkel seupa yag bersaing sangat ketat. Ia mencoba berbagai terobosan baru, agar bengkelnya mampu unggul di pasaran. Ia membuat kebijakan untuk menerima perbaikan yang ditolak oleh bengkel lain dan bekerja secepat mungkin.

Pada usia 28 tahun ia memutuskan untuk kuliah demi mendapatkan jawaban guna membuat ring piston, tetapi ternyata ia merasa tidak puas dan menganggap bahwa kuliah hanyalah penjejalan materi. Akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari kuliahnya.

Sepeda motor Honda pertama kali (astrumpeople.com)

Pada tahun 1947 ketika perang di Jepang berakhir, Soichiro Honda memiliki ide untuk memasang mesin pada sepeda. Dan ketika hasil ideny tersebut dibuat, tak disangka-sangka bahwa respon masyarakat cukup baik.

Barang hasil kreasinya tersebut laku keras di pasaran dan ia akhirnya membuat sepeda motor. Sejak saat itu, banyak pesanan yang datang kepadanya termasuk luar negeri. Dan kini, Indonesia termasuk salah satu penikmat hasil tangan dari Soichiro Honda ini.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak