Wow, Ada Robot yang Bisa Bangun Rumah Cuma 2 Hari


Selama kurang lebih 6 ribu tahun, cara pemasangan batu bata untuk membangun rumah masih relatif tetap sama, yaitu masih mengandalkan penempatan yang lambat dan metodis oleh manusia. Ditambah lagi kini dikatakan jumlah tukang bangunan semakin berkurang. Hal inilah yang membuat teknisi asal Australia menciptakan sebuah inovasi.

Inovasi yang diciptakan oleh teknisi bernama Mark Pivac itu adalah robot Hadrian. Robot tersebut diklaim mampu menggantikan tugas buruh bangunan di masa depan, karena mampu menyusun batu bata untuk mendirikan bangunan. Uniknya, robot ini mampu membangun rumah hanya dalam waktu singkat, yaitu 2 hari.

Dalam waktu satu jam, Hadrian dapat menyusun 1000 batu bata. Robot ini juga dapat bekerja selama 24 jam penuh. Hadrian menggunakan skema bangunan dan mengkalkulasikan letak dari tiap batu bata serta mampu memotong batu bata agar sesuai.

“Orang-orang sudah sejak lama menyusun bat-batu kira-kira 6000 tahun lalu dan sejak revolusi industri, mereka telah mencoba membangun rumah secara otomatis.” terang Mark Pivac dikutip dari Perth Now, Senin (29/6/2015). “Kami berada di sebuah persimpangan teknologi di mana beberapa teknologi yang berbeda telah sampai ke tingkat di mana hal itu mungkin untuk melakukannya, dan itulah apa yang kami lakukan,” tambahnya.

Cara kerja robot bangunan ini adalah dengan menginstal program komputer 3D computer-aided design (CAD). Kemudian robot tersebut akan mengkalkulasikan lokasi dan setiap batu bata pada tempat yang tepat. Bahkan Hadrian tidak perlu bergerak ke mana-mana karena robot ini memiliki ‘lengan’ atau istilahnya boom manipulator setinggi 28 meter yang terhubung ke badannya.

â??Kami tak bermaksud apa-apa terhadap tukang bangunan. Masalahnya rata-rata usia tukang bangunan makin tua dan sulit mendapat orang muda untuk melakukannya,â? ungkap Mark.

Mark Pivac berharap segera memasarkan robotnya di bagian barat Australia sebelum memasarkannya ke seluruh Australia dan akhirnya ke seluruh dunia nantinya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak