Pertama di Indonesia, Masjid Portabel


Sebagai umat islam, salat 5 waktu adalah kewajiban yang harus selalu ditunaikan. Tidak ada alasan untuk tak melaksanakannya, apalagi bagi umat Islam yang sudah baligh. Namun tak dipungkiri jika masih banyak ditemui umat Islam yang meninggalkan salat 5 waktu karena alasan tak ada waktu, terlalu sibuk dan sulit menemukan tempat sholat. Agar tidak mengabaikan kewajiban salat 5 waktu, solusi pun dihadirkan dengan adanya masjid mobile atau yang disebut dengan masjid portabel.

Masjid portabel pertama di Indonesia ini berada di Bandung. Dilansir dari WowKerencom, Senin (29/6/2015), disebut masjid portable karena masjid ini sejatinya adalah sebuah mobil van seukuran travel yang menyediakan berbagai perlengkapan salat seperti mukena, sajadah, sarung, air wudhu, bahkan sandal japit pun tersedia. Disebut juga masjid portabel, sebab keberadaan dan bentuknya bisa disesuaikan. Masjid ini menyesuaikan di mana keramaian itu hadir.

Sekitar 30 menit, masjid dengan konsep outdor ini pun siap digunakan masyarakat Bandung. Kurang lebih 70 orang bisa menunaikan salat di sajadah yang telah disiapkan pihak masjid portabel ini. Selain itu, imam untuk masjid portabel ini pun juga ada, lengkap dengan sound system pendukungnya. Mengenai kiblat salat, pengelola menentukannya dengan kompas, hal ini lantaran masjidnya yang selalu mobile (berpindah-pindah).

Terwujudnya masjid portabel di Bandung ini, tak lain karena kerja sama Yayasan Rumah Zakat dan Yayasan Masjid Nusantara. “Berangkat dari keresahan orang yang susah melaksanakan salat di tempat keramaian, pendiri akhirnya menghadirkan inovasi ini,” kata Program Yayasan Masjid Nusantara, Hilman Abdurahman. “Ini yang pertama ada di Indonesia dan ada di Bandung,” lanjutnya.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tanggal 16 Juni lalu, masjid unik itu menuai respon yang positif dari masyarakat. Irma, salah satu pengguna masjid portabel mengaku sangat senang dengan keberadaan masjid ini. “Tempatnya walaupun terbuka tapi nyaman. Wudhu dekat, sajadah dan mukena lengkap. Jadi nggak ada alasan lagi untuk nggak salat,” ucapnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak