Keren, Mahasiswa UGM Bikin Kompor Pakai Remote


Kompor yang sudah ada sekarang ini umumnya menggunakan gas atau listrik. Namun, masih sering terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kompor yang lupa dimatikan. Hal inilah yang menjadi keprihatinan tersendiri bagi mahasiswa UGM, Hisyam. Keprihatinannya bertambah juga melihat desain kompor yang tidak berubah dari dulu.

Tim pencipta kompor Agos (Okezone)
Tim pencipta kompor Agos (Okezone)

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa UGM ini kemudian menciptakan kompor yang dapat diatur dengan remote. Selain keamanan yang utama, produk ini pun praktis digunakan.

Sejak diberlakukannya program konversi minyak tanah ke gas oleh pemerintah Indonesia, penggunaan kompor gas hingga kini makin popular di masyarakat. Hanya saja, bila menengok kompor konvensional yang beredar, desain produk kompor gas itu belum banyak mengantisipasi resiko terutama apabila pengguna lupa mematikan api setelah pemakaian.

Kini, kebakaran akibat lupa mematikan kompor bisa diminimalisir berkat kompor ciptaan Hisyam yang dinamakan Automatic Gas Stove for Safety (Agos). Hisyam mengungkapkan, sebenarnya beberapa model kompor terbaru telah menerapkan teknologi timer supaya kompor dapat mati secara otomatis sesuai setting waktu yang ditentukan. Namun sayangnya pilihan pengaturan waktu masih terbatas sehingga dirasa masih kurang praktis.

Kompor buatannya itu memiliki dua pilihan mode pengoperasian yakni manual dan otomatis. Pada mode manual, pengaturan kompor akan seperti kompor gas pada umumnya. Sementara pada mode otomatis, mekanisme operasi adalah berdasar ada tidaknya peralatan di atas tungku.

â??Ketika ada peralatan memasak di atas tungku maka kompor akan menyala. Pun saat peralatan masak seperti panci dipindahkan dari kompor setelah masak, kompor akan otomatis padam,â? jelas Hisyam dikutip dari Tribunnewscom, Kamis (9/7/2015).

Di samping itu, lanjut Hisyam, kompor Agos ini juga dilengkapi fungsi timer untuk pengaturan lama nyala kompor serta pengaturan level nyala api secara digital. Pengaturan lama waktu dan level api dilakukan dengan menggunakan remote control.

â??Tidak seperti pada desain kompor konvensional, pada kompor Agos, pengaturan waktu lebih praktis karena pengguna tinggal memasukkan digit lama waktu nyala api melalui remote control,â? jelas Hisyam.

Semoga dengan diciptakannya kompor praktis ini dapat mencegah kasus kebakaran yang marak terjadi di Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak