Indahnya Sancaklar, Masjid Bawah Tanah


Masjid Sancaklar (amazonaws.com)

Biasanya bangunan apakah yang di bangun di bawah tanah? Tempat persembunyian, ruang rahasia, penjara dan tempat parkir jika disesuaikan dengan kemajuan jaman saat ini.

Namun uniknya, saat ini ada masjid yang dibangun di bawah tanah pertama di dunia. Berdiri di distrik Buyukcekmece, Istanbul, Turki, masjid ini memiliki arsitektur lain dari masjid pada umumnya di dunia.

Masjid ini memiliki bentuk persegi panjang besar yang berdiri di atas bukit dengan bagian bawah mirip lereng gunung. Bahkan, masjid ini tidak memiliki kubah seperti lambang masjid-masjid pada umumnya. Hanya tampak menara batu menulang yang dibangun di atas daratan tinggi.

Menara batu tampak menjulang sebagai simbol Masjid Sancaklar (theguideistanbul.com)

Ketika memasuki masjid inipun kamu tidak akan menemui banyak ornamen hiasan kaligrafi di masjid ini. Di dalamnya, hanya ada satu tulisan kaligrafi yang memiliki arti â??Ingatlah Tuhanmuâ??.

Kaligrafi yang berartikan ‘Ingatlah Tuhanmu’ (foursquare.com)

Dengan kesederhanaan arsitektur yang dimilikinya, Masjid Sancalar berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi Festival Arsitektur Dunia untuk kategori tempat ibadah.

Emre Arolat, arsitek yang membangun masjid ini mengaku bahwa ia terinspirasi dari Gua Hira, tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, sehingga ia melahirkan karya cipta yang memadukan antara esensi Islam dengan desain modern Turki.

Masjid ini juga dibangun sebagai bagian alami tanah dengan konsep kesederhanaan, tanpa memanifestasikannya dengan arsitektur yang spektakuler.

Masjid Sancaklar ini dibangun tujuh meter di bawah permukaan tanah dengan luas 1200 meter persegi di bawah tanah. Dengan luas tersebut, masjid ini mampu menampung 650 jamaah dalam ruangan ibadah yang luas.

Tampak dalam Masjid Sancaklar (xoxothemag.net)

Masjid ini diterangi oleh jalur utama dan sinar matahari sehingga menambah kenyamanan spiritual bagi pengunjung. Masjid yang mulai dibangun pada Mei 2011 ini pertama kali dibuka pada akhir tahun 2013 lalu. Masjid ini dibangun untuk mengatasi kekurangan masjid di distrik tersebut.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak