Canggih, Tempat Sampah Ini Bisa Kamu Pakai Internetan Gratis


Tempat sampah yang hakikatnya untuk membuang wadah menampung sampah kini disulap menjadi benda canggih berteknologi tinggi. Di New York, sebuah perusahaan manajemen sampah bernama Bigbelly meluncurkan proyek pilot yang memperkenalkan sebuah solusi unik dengan menggunakan tempat sampah khusus yang bisa memancarkan sinyal wifi. Kok bisa ya tempat sampah memancarkan sinyal wifi?

Dilansir dari dailymail, tempat sampah wifi ini ternyata bertenaga sinar matahari dan pada bagian daur ulangnya telah dipasangi chip-chip Qualcomm yang secara otomatis memberitahukan pada staf manajemen sampah saat wadah sampah penuh atau sudah berbau dengan mengirimkan pesan surel atau teks. Canggih sekali ya?

bigbelly (phillydesignblog.com)
bigbelly (phillydesignblog.com)

Seiring dengan antusiasnya masyarakat New York, Bigbelly sendiri sedang membujuk pemerintah lokal untuk menggunakan tempat sampah yang berkemampuan wifi di seluruh penjuru kota untuk memberikan cakupan sinyal Internet yang lebih kencang bagi warga New York. Kekurangan tempat sampat wifi ini adalah tidak bisa diletakkan di dekat gedung pencakar langit. Jadi tempat sampah wifi ini diletakkan di tepi jalan yang letaknya tidak berdekatan dengan gedung tinggi. Selain itu, tempat sampah wifi ini juga bisa digunakan untuk memperlihatkan pengumuman layanan publik, peringatan darurat lainnya, juga mengumpulkan data warga New York yang berguna untuk pemerintah.

Sebelumnya, tempat sampah wifi ini juga sudah ada di London, Inggris. Jika di New York, tempat sampah wifi diproduksi oleh Bigbelly, di London tempat sampah wifi diproduksi oleh Renew Bins. Tempat sampah ini lebih canggih dengan dua layar LCD di kedua sisinya yang menampilkan berita finansial, info saham, hingga info breaking news. Renew Bins sudah terpasang sebanyak kurang lebih 100an buah di jalanan kota London dan jumlahnya masih akan terus bertambah. Satu tempat sampah wifi dibandrol senilai £30.000 (sekitar 425 juta rupiah). Harga yang cukup fantastis untuk sebuah tempat sampah.

Renew Bins (tntmagazine.com)
Renew Bins (tntmagazine.com)

Selain di New York dan London, tempat sampah wifi ini juga bisa kamu temukan di beberapa negara maju seperti, Jepang dan Singapura. Kalau di Indonesia sendiri kapan ya kita bisa menemukan tempat sampah wifi yang canggih seperti ini?

(jow)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak