Ilmuwan Siap Ciptakan Cakar Wolverine


Suka nonton film superhero? Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tokoh dari film “X-Men”, yaitu Wolverine. Wolverine identik dengan cakar logam yang tumbuh dari tangannya. Logam untuk cakar tersebut dinamakan adamantium, dan dikatakan sebagai logam terkuat dalam film.

Kini, sepertinya cakar logam tersebut bakal jadi kenyataan. Pasalnya, sebuah materi logam campuran baru yang cukup kuat telah ditemukan oleh ilmuwan. Logam itu adalah materi yang tidak mudah terbakar meski dalam suhu ribuan derajat Celsius. Logam campuran eksotik itu merupakan kombinasi dari metal langka hafnium, karbon, dan nitrogen. Dengan demikian, cakar logam dari adamantium sepertinya bukan lagi sebuah khayalan belaka.

Replika cakar Wolverine (YouTube)
Replika cakar Wolverine (YouTube)

“Campuran logam ini tidak mudah meleleh, kecuali temperaturnya berada di tingkat 4.126 derajat celsius, atau sekitar dua pertiga suhu permukaan Matahari,” ujar Profesor Axel van de Walle, ilmuwan dari Brown University di Rhode Island, yang memimpin penelitian tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (3/8/2015).

Mereka mengembangkan materi baru itu menggunakan simulasi komputer untuk mengalkulasi komposisi optimal dalam mengalahkan suhu api yang panas. Ilmuwan berharap bisa mulai meniru materi itu dan membuat purwarupanya di laboratorium.

Awalnya, mereka menemukan campuran logam dari hafnium, tantalum, dan karbon (Hf-Ta-C). Sayangnya, logam itu bisa meleleh dalam suhu udara 3.526 derajat celsius. Sementara itu, campuran logam lain, ada hafnium, nitrogen, dan karbon (Hf-N-C) yang ternyata lebih kuat.

Menurut van de Walle dan koleganya, Dr. Qijun Hong, penemuan mereka ini bisa menjadi dasar untuk mengembangkan jenis baru penangkal panas. Perisai panas itu bisa disematkan untuk kendaraan luar angkasa atau untuk turbin gas.

“Titik pelelehan materi bukanlah satu-satunya hal yang penting. Untuk menciptakan logam campuran, harus memperhatikan juga hal mekanis dan ketahanan oksidasi. Makanya, kami butuh uji coba lebih lanjut untuk bisa membuktikan kemampuan logam ini,” ujar van de Walle.

Jika sudah benar-benar bisa dibuat, maka membuat cakar Wolverine, atau lebih tepatnya replika cakar Wolverine, tentunya bisa direalisasi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak