Penjelasan Kenapa Kucing Selalu Nengok Tiap Dipanggil Pusss


Mungkin kamu sering melihat kucing liar yang berada di dekat rumah kamu atau di jalanan. Yang unik dari kucing-kucing itu adalah mereka selalu menengok tiap kamu panggil dengan paggilan ‘puss’. Kenapa bisa begitu?

Kucing (hanyatauaja.blogspot.com)
Kucing (hanyatauaja.blogspot.com)

Dilansir dari Catterycoid, Kamis (6/8/2015), dilihat dari sejarahnya, rupanya kucing dan manusia yang telah hidup berdampingan selama 5 ribu tahun, atau sejak zaman Mesir kuno. Pada zaman tersebut kucing dianggap sebagai hewan suci atau merupakan titisan dewa. Hal serupa juga terjadi di Tiongkok, dimana manusia telah hidup berdampingan bersama kucing selama kurang lebih 5.300 tahun, karena kucing dianggap hewan keberuntungan di sana. Lalu apakah nama panggilan ‘puss’ berasal dari dua negara tersebut? Jawabannya ternyata tidak.

Kata ‘puss’ ternyata berasal dari ‘poe’ yang merupakan bahasa Belanda. Selain bahasa Belanda, ada juga kata ‘puuskatte’ yang merupakan bahasa Jerman lama, ‘katepus’ yang merupakan bahasa Swedia, dan ‘pus’ yang merupakan bahasa Norwegia. Semua kata tersebut memiliki arti yang sama, yaitu panggilan untuk wanita cantik atau kucing betina. Pada tahun 1530, ‘pus’ juga digunakan sebagai nama lain untuk kucing.

Kucing (hanyatauaja.blogspot.com)
Kucing (hanyatauaja.blogspot.com)

Kata-kata yang sudah disebutkan di atas terus digunakan untuk masing-masing negara untuk memanggil kucing. Setelah era tersebut, atau sekitar tahun 1605, kata ‘pussy’ merupakan kata standar untuk memanggil seekor kucing, yang kemudian berganti menjadi ‘pussycat’ pada tahun 1805 karena ada kata tersebut di lirik lagu anak-anak zaman itu.

Namun, ternyata¬† tidak semua kucing menengok jika dipanggil ‘puss’. Hal itu tergantung pada pemilik kucing peliharaannya memanggil kucingnya dengan nama apa ketika memeliharanya, terutama saat memanggil untuk memberikan makanan.

Saking banyaknya orang yang memakai kata ‘puss’ sebagai panggilan kucing untuk memberitahu si kucing akan diberi makanan, memori kucing terus mengingat hal tersebut, dan menganggap kalau tiap ada kata ‘puss’ maka pasti ada makanan.

Kucing (hanyatauaja.blogspot.com)
Kucing (hanyatauaja.blogspot.com)

Di beberapa negara, misalnya Amerika Serikat, kebanyakan pemilik kucing memanggil kucingnya dengan sebutan ‘kitty’, yang berasal dari kata ‘kitten’ yang berarti anak kucing.

Jadi, dengan demikian, wajar jika kucing akan menengok jika dipanggil ‘puss’, karena memang kata itulah yang dipakai orang di beberapa negara untuk memanggil kucing. Meskipun kebanyakan kucing menengok jika dipanggil ‘puss’, semua tergantung pada nama yang sudah dibiasakan pada si kucing ketika kucingnya masih kecil. Sehingga meskipun bukan ‘puss’, si kucing tetap akan menghampiri pemiliknya, karena memang nama itulah yang dibiasakan pada kucingnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
11
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
51
Ngakak