5 Lomba yang Selalu Ada Tiap Perayaan 17 Agustus


Memasuki bulan Agustus, tentu kita akan ingat mengenai hari lahirnya Indonesia, yang diperingati tiap tanggal 17 Agustus. Dalam merayakan hari tersebut, biasanya akan diadakan lomba-lomba. Meskipun hadiah dari lomba-lomba ini bukanlah piala atau uang tunai, lombanya masih tetap ramai dan tetap saja ada peminatnya. Dilansir dari Abrarestocom, Kamis (6/8/2015), berikut adalah 5 lomba yang selalu ada tiap perayaan 17 Agustus.

1. Lomba balap karung

Lomba balap karung (Ciricara)
Lomba balap karung (Ciricara)

Sesuai namanya, lomba ini mengharuskan pesertanya mengenakan karung. Dengan kaki yang masuk ke dalam karung, maka gerakan pesertanya menjadi terbatas. Ekspresi wajah para peserta yang berusaha untuk bisa mencapai garis finish membuat lomba ini jadi menarik. Selain itu, properti yang harus disediakan untuk lomba ini juga tidak sulit, cukup sediakan beberapa karung. Karena itulah lomba ini selalu ada tiap perayaan 17 Agustus.

2. Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk (Antarakaltim)
Lomba makan kerupuk (Antarakaltim)

Sama seperti lomba balap karung, pelrombaan makan kerupuk ini juga memiliki aturan yang tidak ribet. Dalam lomba ini kerupuk digantung lebih tinggi daripada tinggi pesertanya, dan para peserta diharuskan makan kerupuk yang digantung tersebut. Yang membuat lomba ini cukup sulit adalah para pesertanya tidak boleh menggunakan tangan. Bila tinggi pesertanya ada yang menyamai tinggi kerupuk yang digantung, maka kesempatan menangnya jelas lebih besar.

3. Lomba lari kelereng

Lomba lari kelereng (Bengkuluexpress)
Lomba lari kelereng (Bengkuluexpress)

Lomba ini tetap diadakan tiap 17 Agustus, meskipun tidak ada nama resmi dari lomba ini. Biasanya lomba ini merupakan lomba yang diikuti oleh anak-anak. Panitia cukup menyediakan sendok dan kelereng. Di titik awal, peserta harus menggigit sendok yang sudah ada kelerengnya. Setelah itu peserta harus berlari hingga garis finish tanpa menjatuhkan kelerengnya. Memang terdengar mudah, namun hal ini cukup sulit dilakukan.

4. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang (Kutaikartanegara)
Lomba panjat pinang (Kutaikartanegara)

Bisa dibilang kalau lomba ini adalah ikonnya lomba 17 Agustus. Tujuan dari lomba ini sederhana, yaitu siapa yang berhasil memanjat pohon pinang yang sudah dilumuri oli maka dialah juaranya. Untuk memotivasi peserta, biasanya di puncak pohon pinang itu sudah digantung hadiah-hadiah menarik, seperti sepeda, kompor, atau kipas angin. Namun beberapa orang menganggap lomba ini membahayakan pesertanya, sehingga perlombaan ini mengalami perubahan regulasi agar lebih aman dilakukan.

5. Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang (Kaskus)
Lomba tarik tambang (Kaskus)

Lomba ini biasanya dilakukan secara beregu, yang tiap regunya terdiri d ari 5 sampai 6 orang. Selain Indonesia, lomba ini juga dilakukan di negara lain seperti Mesir, Yunani, dan Tiongkok. Di negara lain, lomba tarik tambang ini dikenal dengan istilah ‘Tug of War’. Aturan lomba ini cukup sederhana, yaitu bagi tim yang mampu menyeret tim lawan ke arah kubunya maka tim itulah pemenangnya. Biasanya dibutuhkan seseorang dengan kekuatan yang besar sebagai strategi untuk memenangkan lomba ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak