Yuk, Menginap di Hotel Robot Pertama di Dunia


Pernahkah kamu membayangkan menginap di hotel yang semua pegawainya adalah robot? Di Jepang, sekarang sudah ada hotel robot pertama di dunia yang siap menerima tamu 24 jam. Hotel berbintang lima ini bernama Henn-na Hotel yang berarti “Hotel Aneh”. Lokasi hotel ini tepatnya berada di Huis Ten Bosch, sebuah taman wisata tematik berlokasi di prefektur Nagasaki.

Saat pertama kali kamu masuk ke dalam hotel, kamu akan disambut oleh robot berbentuk manusia yang ada di meja resepsionis. Robot manusia berbahasa Jepang ini akan membantu kamu untuk memilih kamar. Kamu tidak bisa bahasa Jepang? Tidak perlu takut. Ada robot berbentuk dinosaurus yang akan melayani kamu dengan bahasa Inggris.

robot dinosaurus di henn-na hotel (www.gizmag.com)
robot dinosaurus di henn-na hotel (www.gizmag.com)

Dikutip dari CNN, robot-robot tersebut dapat melakukan percakapan dengan para tamu. Sementara itu, robot-robot lainnya berfungsi untuk membawa tas ke kamar hotel. Adapula staf robot khusus untuk loker barang dan bagian kebersihan juga. Satu hal lagi, kamu tidak perlu memberikan tips untuk para robot ini loh.

Awalnya hotel ini dibuka hanya dengan total 72 kamar. Tapi kedepannya pada tahun 2016, hotel ini berencana akan menambah 72 kamar lagi seiring dengan banyaknya minat pengunjung. Menurut Hideo Sawada, Huis Ten Bosch President, pihaknya berharap robot nantinya akan menjalankan 90 persen dari seluruh pekerjaan di dalam hotel.

“Ke depan, kami berharap dapat membangun 1.000 hotel serupa di seluruh dunia,” ungkap Sawada.

Harapannya di masa depan, Henn-na dapat berkembang menjadi hotel terjangkau yang paling futuristik. Kecanggihan hotel ini bukan hanya terletak pada penggunaan robot-robotnya. Pintu kamar tamu ternyata hanya dapat diakses dengan teknologi pengenal wajah. Wah, keren sekali bukan?

henn-na hotel (www.gizmag.com)
henn-na hotel (www.gizmag.com)

Perlengkapan yang ada di kamar memang hanya sedikit. Tetapi kamu bisa memesannya melalui tablet yang disediakan di masing-masing kamar. Tinggal klik, lalu akan ada robot yang datang ke kamar kamu.

henn-na hotel (www.gizmag.com)
henn-na hotel (www.gizmag.com)

Di kamar hotel ini tidak ada pendingin udara alias AC seperti pada umumnya karena di masing-masing kamar dipasang panel radiasi terpasang untuk mendeteksi panas tubuh dan mengatur sendiri temperatur yang sesuai. Tenaga surya dan teknologi hemat energi lainnya digunakan untuk mengurangi biaya operasi.

henn-na hotel (www.gizmag.com)
henn-na hotel (www.gizmag.com)

Tarif kamar tergantung dari permintaan pasar. Sehingga, hotel ini tidak menerapkan tarif kamar yang tetap dan bisa ditawar loh. Tamu bisa menawar seperti lelang untuk tarif kamar saat musim padat kunjungan. Harga penawaran tertinggi akan mendapatkan kamar tersebut. Walaupun tentu saja ada harga dasar yang ditetapkan sebelumnya. Pihak hotel menyebutkan tarif kamar saat pembukaan adalah 7.000 yen Jepang (sekitar Rp 793.000) untuk satu kamar tipe standard room dan 18.000 yen Jepang (atau sekitar Rp 1,9 juta) sebagai harga lelang tertinggi untuk tiga kamar. Harga berbeda untuk kamar tipe superior dan deluxe. Jika kamu tertarik menginap di hotel robot ini, kamu bisa memesannya di situs resmi hotel tersebut. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak