Aulia Ananditia Puteri Bawa Sambal Goreng Ati Hingga Hungaria


Di dunia internasional, kuliner Indonesia yang paling terkenal di dunia adalah rendang, nasi goreng, dan juga sate. Tapi apakah ada yang mengenal sambal goreng ati? Rasanya kuliner Indonesia yang satu ini masih terdengar asing di dunia internasional. Tapi ternyata di Hungaria, sambal goreng kentang ati sedang boomingboomingnya loh. Kok bisa? Sambal goreng ati jadi terkenal di Hungaria berkat seorang siswa Indonesia yang bernama Aulia Ananditia Puteri yang sedang menimba ilmu di sana.

Dikuti dari CNN, Aulia Ananditia Puteri pertama kali menginjakkan kaki di Hungaria pada awal Agustus 2014. Siswi SMA Plus Negeri 17 Palembang ini sedang mengikuti program pertukaran pelajar American Field Service (AFS). Ia sangat bangga bisa berangkat bersama tiga temannya asal Palembang. Banyak hal yang ia lakukan di sana, termasuk memperkenalkan budaya lokal Sumatera Selatan. Awalnya ia cukup kaget dengan kondisi alam di sana yang terlihat landai. Dia tak menjumpai perbukitan atau gunung seperti halnya di Indonesia. Tapi itu hanya sebagian dari kesan pertama saat berada di sana.

Aulia mengungkapkan, ia sangat bersyukur mendapatkan orangtua angkat yang baik hati sekaligus pintar memasak di Hungaria. Meski begitu, ia tak mau tinggal diam. Berhubung Aulia sangat suka dengan makanan sambal goring ati, dengan mengumpulkan keberanian, ia mencoba memasak sambal goreng ati yang biasa dimakannya di Indonesia untuk keluarga angkatnya tersebut dan hasilnya keluarga angkatnya itu sangat menyukai kuliner Indonesia yang bercitarasa pedas ini.

Aulia Ananditia Puteri
Aulia Ananditia Puteri

Tidak seperti sambal goreng ati pada umumnya yang menggunakan bahan baku hati sapi, Aulia menggunakan ati ayam sebagai bahan utamanya. Menurut siswi kelahiran Surabaya, 2 Desember 1997 ini, tadinya teman-temannya di Hungaria tidak suka makan ati ayam. Tapi setelah Aulia membawa sambal goreng atinya ke sekolah, teman-temannya malah lahap memakan kuliner asli Indonesia tersebut. Malahan teman-temannya jadi ketagihan. Ia mengungkapkan kalau orang Hungaria ternyata makannya banyak sekali. Ia bahkan hanya makan setengah porsi untuk jatah nenek-nenek Hungaria.

“Bayangkan aja, kalau makan semangka aja satu buah itu dibagi orang empat. Dan saya makannya sedikit,” ungkapnya.

Berkat Aulia, orang-orang Hungaria jadi mengenal kuliner Indonesia selain rendang, nasi goreng, dan sate. Nah, kalau kamu sedang menimba ilmu di luar negeri atau sedang bepergian keluar negeri, ada baiknya kalau kamu juga mengenalkan kuliner Indonesia yang masih belum terkenal kepada masyarakat setempat. Siapa tahu kuliner Indonesia yang kamu kenalkan bisa jadi terkenal.(jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak