Mengunjungi Puncak Becici, Spot Mantap Mengintip Indahnya Jogja Timur


Indahnya panorama pagi di puncak becici

Cara menikmati pemandangan alam Jogjakarta tampaknya kini semakin mudah untuk ditemui. Salah satu spot menarik yang sempat kami kunjungi yaitu Puncak Becici yang terletak di kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan. Alamat lengkapnya di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Objek wisata yang masih baru ini dikelola secara swadaya oleh pemuda dan warga sekitar. Bahkan pembangunan infrastruktur layaknya tempat parkir, penyedia makanan khas, papan petunjuk, mushola, kamar mandi umum, papan informasi, dan sebagainya merupakan usaha gotong royong dari masyarakat sekitar.

Pemungutan retribusi di pintu masuk becici
Pemungutan retribusi di pintu masuk becici

Rute menuju lokasi wisata dari jogja

Untuk mengunjungi lokasi ini, kami diberikan dua jalur dengan pemandangan yang sama. Pertama melalui Jl. Imogiri bagi warga yang tinggal di daerah Bantul, namun jika aden dan enon dari Jogja kota maka lebih nyaman melewati Jl. Wonosari untuk menuju kemari.

Menikmati pesona persawahan dari becici
Menikmati pesona persawahan dari becici

Dari Jl Imogiri :

Jalan Imogiri Timur > Pasar Imogiri > Arah menuju Kebun Buah Mangunan > Pertigaan ke kiri arah Hutan Pinus > Melewati Hutan Pinus > Pertigaan pertama kekiri (ada papan petunjuk becici) > Pertigaan kedua kekiri (ada papan petunjuk becici) > Lurus hingga gerbang Puncak Becici.

DSCN9677

Dari Jl Wonosari :

Piyungan > Jl Wonosari > Bukit Bintang > Gapura Gunung Kidul > Perempatan pertama ke selatan > Ikuti jalan aspal hingga arah Hutan Pinus > Puncak Becici

Aksesibilitas

Disini banyak kaum muda memadu kasih, jadi yang jomblo sabar aja ya
Disini banyak kaum muda memadu kasih, jadi yang jomblo sabar aja ya

Rata – rata pengunjung disini merupakan kaum muda, jadi jangan salah bila banyak pasangan yang memadu kasih. Jadi yang jomblo harap – harap sabar ajalah ya hehe. Nah, objek wisata ini bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi berupa roda dua maupun roda empat. Dari arah Jogja hingga lokasi wisata, kami dituntun oleh jalanan aspal yang terhitung aman untuk pengendara. Namun sayangnya disini belum ada transportasi umum hingga lokasi wisata, sehingga ada baiknya bila aden dan enon yang ingin mampir untuk membawa kendaraan pribadi. Puncak Becici ini sangat mudah dicari karena banyak petunjuk menuju lokasi, tapi jika merasa ragu â?? ragu segera tanyakan kepada penduduk sekitar yang akan membantu dengan senang hati.

Tiket memasuki puncak pinus becici
Tiket memasuki puncak pinus becici

Setelah membayar retribusi kami mengarahkan kendaraan ke lokasi parkir yang disediakan oleh pihak pengelola, sangat luas untuk menampung kendaraan. Sesampainya di lokasi parkir yang berada di area hutan pinus, kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju puncak bukit sekitar 300 meter dari area parkir. Nah, kalau untuk segi biaya berikut ini rinciannya.

Data Tarif Puncak Becici

Parkir

  • Motor : Rp 3.000
  • Mobil : Rp 10.000
  • Bus : Rp 20.000

Fasilitas

  • Toilet : Rp 2.000
  • Gardu Pohon : Rp 2.000
  • Camping : Rp 5.000/anak
  • Prewedding : Rp 30.000

Tentunya biaya yang ditentukan oleh pihak pengelola juga bergantung dengan waktu, keadaan, dan tujuan selama di lokasi wisata. Jika aden dan enon berkunjung diatas pukul 18.00 WIB maka tarif parkir kendaraan roda dua menjadi Rp 4000 dan jika menginap untuk melakukan camping maka biaya penitipan motornya menjadi Rp 5000.

Menikmati Puncak Becici

Puncak Becici menjadi spot menarik untuk berfoto
Puncak Becici menjadi spot menarik untuk berfoto

Selama melakukan perjalanan singkat menuju puncak becici dari lokasi parkir, kami melihat banyak tempat duduk terbuat dari potongan kayu dan ayunan. Tentunya tempat ini dipadati oleh kaum muda Jogja untuk berkumpul dengan teman â?? teman atau sekedar menikmati waktu bersama keluarga.

Agitna menaiki gardu pohon di puncak becici
Agitna menaiki gardu pohon di puncak becici

Jangan takut tersesat selama menuju bukit, karena disetiap pohon yang mengarah ke bukit sudah diberi papan petunjuk loh. Pohon pinus disini merupakan ladang mencari rizki bagi warga, karena setiap pohon diambil getahnya untuk dijadikan karet.

Menaiki gardu pohon di puncak becici
Restu menaiki gardu pohon di puncak becici

Setelah sampai di puncak, kami melihat banyak gazebo dari bambu buatan warga. Dari sinilah kami melihat hijaunya pemandangan Jogjakarta dari Puncak Becici. Ah.. semilir angin seolah membawa terbang rasa lelah dan penat. Banyak spot untuk berfoto ria loh disini, mulai dari pemandangan hijaunya, tulisan tulisan unik, ayunan, hutan pinus, dan tentunya spot paling diminati yaitu gardu pohonnya hehe.

Melepas penat di ketinggian gardu pohon setinggi 5 meter
Agitna melepas penat di ketinggian gardu pohon setinggi 5 meter

Disini kami diuji adrenalinnya, karena tidak ada alat pengaman yang melindungi tubuh maka bagi aden dan enon yang hendak mencoba sebaiknya hati â?? hati. Namun dilihat dari struktur bangunan gardunya, tentu cukup kuat untuk dinaiki hingga 3 orang dewasa loh. Tertarik kan kesini? Yuk main ke Jogjakarta.

Disini kalian dilarang melempar mantan gaes
Disini kalian dilarang melempar mantan gaes

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak