REVIEW: Film Jenderal Soedirman, Perang Gerilya Lawan Belanda


Sutradara Viva Westi membuat film biopik yang menceritakan tentang kisah salah satu pahlawan Indonesia, Jenderal Soedirman. Viva membuat cerita Jenderal Soedirman mulai tahun 1946 hingga 1949. Menariknya film ini adalah hadirnya aktor muda Adipati Dolken yang dipercaya untuk memerankan tokoh Jenderal Soedirman.

Sinopsis Film ‘Jenderal Soedirman’

Film yang diproduksi oleh Padma Pictures ini mengangkat kisah perjuangan Jenderal Soedirman saat sang pahlawan melakukan perang Gerilya untuk melawan Belanda sekaligus mengusirnya dari Indonesia.

Awalnya, pihak Belanda menyatakan secara sepihak bahwa negaranya sudah tidak terikat dengan perjanjian Renville. Tak hanya itu saja, Belanda juga menyatakan penghentian gencatan senjata. Pada tanggal 19 Desember 1948, Jenderal Simons Spoor Panglima Tentara Belanda memimpin Agresi militer ke II untuk menyerang Yogyakarta yang saat itu menjadi ibukota Republik Indonesia.

Soekarno (Baim Wong) dan Hatta (Nugie) justru ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka. Jenderal Soedirman (Adipati Dolken) yang sedang menderita sakit parah dengan nekatnya melakukan perjalanan ke arah selatan untuk memimpin perang gerilya selama tujuh bulan.

Kala itu, Belanda menegaskan bahwa Indonesia sudah tidak ada. Dari kedalaman hutan, Jenderal Soedirman menyiarkan bahwa Republik Indonesia masih ada dan tetap kuat bersama Tentara Nasional yang dimiliki.

Geram dengan sikap Belanda kepada Indonesia, Jenderal Soedirman pun membuat pulau Jawa guna menjadi medan perang gerilya yang luas. Melihat ide sang jenderal, Belanda pun kehabisan logistik dan waktu.

Dengan kerjasama Tentara Nasional dan seluruh rakyat akhirnya Indonesia berhasil memenangkan perang tersebut. Dengan ditanda tangani Perjanjian Roem-Royen, pihak Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia sepenuhnya.

Detail Film ‘Jenderal Soedirman’

Genre : Drama, Perang
Tanggal Rilis Perdana : 27 Agustus 2015
MPAA Rating: R 13+
Studio : Padma Pictures
Sutradara : Viva Westi
Produser : Handi Ilfat, Sekar Ayu Asmara
Penulis Naskah : Tubagus Deddy
Pemain : Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, Nugie, Lukman Sardi, Annisa Hertami, Landung Simatupang, Henky Solaiman

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
81
Love
OMG OMG
71
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
91
Keren Nih
Ngakak Ngakak
21
Ngakak