Keunikan Rumah Makan Padang yang Mungkin Tak Kamu Sadari


Di Indonesia, sebagian orangnya lebih memilih untuk makan masakan Padang, entah itu masak sendiri, atau makan di rumah makan Padang. Dari kota kota besar hingga kota kecil di pelosok daerah pun dapat kita temui rumah makan ini. Bahkan makanan ini pun sudah dikenal di beberapa negara tetangga berkat rendangnya. Selain makanannya yang enak, ternyata rumah makan Padang memiliki beberapa keunikan yang mungkin tak kamu sadari. Apa saja? Berikut keunikannya, seperti dilansir dari Kaskus, Minggu (6/9/2015).

1. Rasa yang terjaga

Rendang (Rendangmama)
Rendang (Rendangmama)

Secara umum, dimana pun tempatnya, cita rasa masakan Padang itu selalu terjaga dan hampir sama. karena cita rasanya yang sudah sangat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Sebagian orang ketika pindah dari satu kota ke kota lain yang berbeda daerah dan budayanya, mereka memilih masakan Padang sebagai alternatif pertama sebelum menyantap masakan di daerah barunya tersebut. Namun kamu akan terkejut ketika datang ke daerah asalnya yaitu kota Padang, Sumatera Barat. Kamu akan kesulitan menemukan rumah makan Padang karena di daerah asalnya tidak ada rumah makan yang menyebutkan dirinya sebagai rumah makan Padang.

2. Nama rumah makan Padang

Rumah makan Padang (Keepo)
Rumah makan Padang (Keepo)

Apapun nama rumah makannya entah itu Bumi Minang, Padang Murah dan sebagainya, kita akan menyebutnya sama, yaitu rumah makan padang saja dan menganggap itu sama. Karena pada dasarnya rumah makan padang ini berkembang atas presepsi masyarakat. Orang lebih terasosiasi dengan merek rumah makan padang dibandingkan nama rumah makan itu sendiri, yang ada bermacam-macam.

3. Pemilik rumah makan padang belum tentu orang padang

Pelayan rumah makan Padang (Kaskus)
Pelayan rumah makan Padang (Kaskus)

Dari beberapa rumah makan Padang, di daerah tertentu tidak semua rumah makan Padang dimiliki oleh orang Padang asli. Ada yang pemilik rumah makan Padangnya adalah orang Jawa Timur, Bali, Sunda dan daerah lainnya. Hal ini menunjukan bahwa pasar masakan Padang di Indonesia tetap besar untuk digarap dan siapapun bisa mengambil peluang ini.

4. Pelayanan super cepat

Pelayan rumah makan Padang (Kaskus)
Pelayan rumah makan Padang (Kaskus)

Salah satu kekuatan rumah makan padang adalah kecepatan penyajiannya. Kesibukan masyarakat yang ingin serba cepat membuat rumah makan padang adalah salah satu pilihan terbaik saat seseorang terburu waktu. Kita hanya perlu menunjuk makanan apa saja yang kita inginkan, dan tak perlu waktu lama beberapa saat kemudian makanan dan minuman sudah sampai di meja kita.

5. Penataan display makanan

Penataan display makanan (Kaskus)
Penataan display makanan (Kaskus)

Penataan makanan di rumah makan padang memang sangat khas dan rapi serta meningkatkan nafsu makan. Kamu akan menemukan berbagai macam warna makanan seperi rendang yang coklat, hijaunya sayuran, kuning kuah gulai dan sebagainya. Semua itu diatur sedemikian rupa agar terlihat menarik, dan secara tidak sadar ini menjadi salah satu penarik pengunjung untuk datang dan membeli.

6. Memberikan lebih

Makanan Padang (Kompasiana)
Makanan Padang (Kompasiana)

Pada umumnya jika kita membeli sesuatu kita hanya akan mendapatkan sesuai dengan apa yang kita beli. Namun di rumah makan Padang, secara umum kamu akan mendapatkan sesuatu yang lebih dan sifatnya gratis, sekalipun itu hanya air putih, teh tawar, sayur, atau kuah. Bahkan di beberapa rumah makan Padang ada yang bisa menambah porsi nasi secara gratis. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
31
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak