VIDEO: Anak Sekolah di Jepang Ternyata Sudah Mandiri Sejak Kecil

Banyak orang asing atau wisatawan di Jepang yang terkejut saat melihat anak sekolah Jepang yang masih kecil berangkat sekolah sendiri dengan naik kendaraan umum atau bus tanpa diantar orang tua. Dikutip dari rockertnews24com, saluran TV Australia SBS 2 baru-baru ini membuat sebuah mini film dokumenter berjudul, â??Anak-anak Mandiri di Jepangâ? yang bisa kamu lihat di channel YouTube mereka. Film dokumenter itu menyorot tentang perbedaan anak-anak Jepang dan Australia.

Mini film dokumenter ini dimulai dari pepatah Jepang yang mengatakan â??Kirim anak tercinta dalam sebuah perjalananâ? yang memiliki arti bahwa anak-anak harus belajar untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dari tahap awal kehidupan. Anak-anak Jepang memang dibiasakan untuk mandiri sejak usia mereka masih kecil. Salah satu contoh yang paling mencolok adalah bagaimana anak sekolah dasar di sana pulang pergi sekolah setiap hari sendirian.

Noe Ando naik kereta di stasiun Shinjuku JR (japantoday.com)
Noe Ando naik kereta di stasiun Shinjuku JR (japantoday.com)

Noe Ando, anak perempuan berusia tujuh tahun ini harus berangkat ke sekolah setiap hari menggunakan transportasi kereta api melalui stasiun Shinjuku JR yang merupakan stasiun tersibuk di dunia dengan jumlah penumpang yang sangat padat terutama pada jam sibuk. Noe harus berdesakan dengan banyak penumpang dewasa setiap hari.  Mungkin kita tidak akan tega membiarkan anak kecil seperti Noe berdesakan naik kereta setiap hari, tapi tidak dengan orang tua Noe. Ibu Noe punya perspektif sendiri dalam mendidik Noe.

â??Dia harus belajar memecahkan masalah sendiri. Jika dia hilang atau naik kereta yang salah, maka dia harus mencari tahu sendiri,â? ucap ibu Noe.

Seorang kru film mewawancarai Jake Adelstein, seorang jurnalis investigasi Amerika yang dikenal sebagai seorang ahli kejahatan terorganisir di Jepang. Ia dan keluarganya tinggal di Jepang. Putri Jake yang berusia empat tahun mulai berjalan ke sekolah sendiri. Dia membuat satu pengamatan dalam video kalau  ternyata ada masyarakat Jepang yang mengantar anaknya ke sekolah setiap hari, maka budaya kerja orang tua tersebut harus ditata ulang kembali.

Tidak jauh berbeda dengan keluarga Faser dari Australia yang tinggal di Jepang. Puteri mereka Emily yang berusia sepuluh tahun sangat antusias saat diberitaku kalau ia harus berangkat dan pulang sekolah sendiri . Ia mengungkapkan kalau hal itu keren dan ia sudah membayangkan saat SMA nanti ia bisa berangkat dan pulang sekolah dengan modal kemandirian yang diberikan orang tuanya.

Mini film dokumenter ini juga mendiskusikan tentang perbedaan sosial dan harapan bagi anak-anak di Jepang dan Australia. Salah satu komentator pria asal Australia berpendapat, â??Masyarakat Australia menderita paranoia saat meninggalkan anak-anak mereka sendiri.”

Narator dalam mini film dokumenter tersebut mengatakan kalau penduduk Jepang itu lima kali lipat lebih banyak dibanding penduduk Australia tetapi tingkat kejahatan yang terjadi di Jepang kurang dari seperempat tingkat kejahatan yang ada di Australia. Bisa dikatakan Jepang lebih aman dibanding Australia.

Para netizen yang menonton mini film dokumenter tersebut memberikan komentar yang beragam. Nah, ini komentar-komentarnya!

â??Saya pikir selain tingkat kejahatan yang lebih rendah, masyarakat Jepang cenderung sedikit lebih kolektif ketika datang ke membesarkan anak. Saya berpikir bahwa banyak anak Jepang yang tidak akan meminta bantuan orang asing saat mereka mengalami masalah kecil saat berada di jalan.â?

“Gadis dalam video tersebut bukan kasus biasa. Ia telah melakukan perjalanan yang jauh sendiri karena orang tuanya mengirim dia untuk sekolah di sekolah swasta khusus. Biasanya orang tua di Jepang akan mengirim anaknya sekolah di sekolah dasar yang jaraknya dekat dari rumah.â?

“Saya pikir, secara umum hal itu benar. Anak-anak Jepang diharapkan menjadi jauh lebih independen jauh lebih awal daripada anak-anak dari Barat. Tidak harus dalam semua kasus, atau situasi, tapi secara umum mereka harus mandiri.”

Nah, kalau kamu sendiri bagaimana JBers? Apa dulu kamu juga berangkat dan pulang sekolah sendiri? (jow)

Apa Komentarmu

Loading...