5 Minuman Berkhasiat yang Cuma Ada di Indonesia

Indonesia menyimpan banyak sekali keragaman yang tiada batas. Mulai dari budayanya, bahasanya, hingga makanan dan minumannya. Beberapa minuman tradisional di Indonesia terkenal tak hanya karena enaknya saja, tapi juga karena khasiatnya yang mampu membuat tubuh jadi lebih sehat, bugar dan mengusir penyakit ringan seperti flu. Dilansir dari Boombastiscom, Senin (21/9/2015), berikut adalah 5 minuman berkhasiat yang cuma ada di Indonesia.

1. Jamu

Jamu (Boombastis)
Jamu (Boombastis)

Tidak bisa dipungkiri lagi jika minuman satu ini menjadi ciri khas Indonesia. Bahkan banyak orang dari luar negeri yang penasaran dengan jamu ini. Khasiatnya sangat beragam, mulai dari menyembuhkan batuk, meningkatkan nafsu makan, menurunkan panas, meredakan rasa capai di tubuh, hingga mampu meningkatkan vitalitas.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh (Boombastis)
Wedang Uwuh (Boombastis)

Wedang Uwuh adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang sangat berkhasiat. Terutama untuk mengobati masuk angin dan menghangatkan badan. Minuman ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya di daerah Imogiri. Wedang Uwuh memiliki rasa manis, hangat dan aroma rempahnya yang cukup kuat.

3. Bir pletok

Bir pletok (Boombastis)
Bir pletok (Boombastis)

Bir yang satu ini bukan bir yang mengandung alkohol dan haram untuk diminum. Minuman ini justru menyehatkan dan berguna bagi tubuh kita. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia. Rasanya manis dan hangat hingga cocok dikonsumsi saat musim dingin.

4. Teh talua

Teh talua (Boombastis)
Teh talua (Boombastis)

Teh Talua sangat disukai oleh kaum adam di daerah Sumatra Barat. Setelah mengkonsumsi teh ini, biasanya tubuh akan semakin enteng dan enak buat tidur. Ada yang bilang juga kalau minuman ini bisa menambah vitalitas pria.

5. STMJ

STMJ (Boombastis)
STMJ (Boombastis)

STMJ, alias Susu Telur Madu Jahe, benar-benar minuman asli Indonesia yang sangat berkhasiat. Kedai-kedai STMJ biasanya akan menjual minuman dengan bahan dasar susu segar, jahe, kuning telor (bisa ayam jawa atau bebek), dan madu ini dalam berbagai jenis. Seluruh Indonesia, terutama Pulau Jawa, memiliki kedai yang menjual minuman ini. (tom)

 

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Dianggap Revolusioner, 5 Teknologi Ini Malah Gagal di Pasaran

Capai Puncak Tangga Lagu, Justin Bieber Berterima Kasih pada Indonesia