Kenali Fobia-fobia Makan yang Paling Unik Ini


Bagi kamu penyuka kuliner, menyantap makanan serta minuman merupakan kenikmatan yang tak terhingga. Tapi ternyata ada sebagian orang yang punya fobia terhadap makanan tertentu. Orang-orang yang punya fobia menganggap makanan sebagai sebuah teror yang mengerikan dan hal tersebut harus mereka hadapi setiap harinya. JadiBerita merangkum tujuh fobia makan yang unik di dunia, yaitu:

1.Cibophobia

Cibophobia (www.gazabpost.com)
Cibophobia (www.gazabpost.com)

Jenis fobia ini dianggap sebagai jenis ketakutan paling buruk yang dapat diidap seseorang. Cibofobia adalah ketakutan terhadap makanan. Tapi tidak semua orang yang menderita cibofobia takut pada semua makanan, ada juga yang hanya takut pada makanan yang cepat busuk seperti makanan dengan produk olahan susu.

2.Geumophobia

Geumophobia (tamrinarea.blogspot.com)
Geumophobia (tamrinarea.blogspot.com)

Geumophobia adalah ketakutan terhadap rasa. Rasa yang dimaksud di sini adalah rasa yang baru dikenal. Bagi pengidap geumofobia, merasakan sensasi rasa baru bukanlah tantangan atau sesuatu yang menyenangkan. Pengalaman tersebut adalah neraka bagi mereka. Jika dihadapkan dengan rasa yang baru dikenal indra, orang pengidap geumophobia akan mengalami jantung berdebar cepat, kurang istirahat, seakan diteror, dan panik berlebih.

3.Frigophobia

Frigophobia (www.uffa.it)
Frigophobia (www.uffa.it)

Frigofobia adalah fobia terhadap dingin. Penderita frigofobia tidak akan kuat berdiri di dekat es krim atau minuman dingin lainnya. Tak hanya takut merasakannya, pengidap frigofobia juga akan panik jika ada orang yang menyeruput minuman dingin di dekatnya. Fobia ini bisa membuat peneritanya limbung dan merasa kurang istirahat.

4.Termophobia

Termophobia (www.theguardian.com)
Termophobia (www.theguardian.com)

Berbanding terbalik dengan frigofobia, termofobia adalah ketakutan terhadap panas. Tak hanya makanan, tapi penderita termofobia juga takut terhadap minuman panas. Jika melihat makanan atau minuman panas, pengidap termofobia akan mual dan gemetar. Meskipun dianggap aneh, penderita termofobia masih bisa bertahan dengan mengganti makanan panas dengan makanan yang dingin.

5.Methyphobia

Methyphobia (nottheitgirls.com)
Methyphobia (nottheitgirls.com)

Methyfobia adalah ketakutan terhadap alkohol. Jika berdekatan dengan orang yang baru saja menenggak alkohol, penderita methyfobia akan merasakan tegang otot, pusing, dan jantung berdetak tak menentu. Mencium bau alkohol saja bisa memacu fobia mereka.

6.Phagophobia

Phagophobia (www.oddballdaily.com)
Phagophobia (www.oddballdaily.com)

Memasukkan makanan ke dalam mulut mungkin bukan masalah bagi penderita fagofobia. Mereka takut menelannya. Bagi penderita fagofobia, menelan makanan adalah pekerjaan yang sangat sulit dan membuat menderita. Ketika makanan selesai dikunyah dan akan ditelan, mereka merasa ada benjolan di tenggorokan yang membuat tercekik.

7.Xocolatophobia

Xocolatophobia (www.sodahead.com)
Xocolatophobia (www.sodahead.com)

Beberapa orang mungkin menganggap cokelat adalah bagian hidup yang tidak akan pernah bisa dilepas. Namun, penderita xocolatophobia justru ingin melepaskan diri dari apapun yang berkaitan dengan cokelat. Pasien xocolatophobia tidak akan tahan mencium bau kokoa. Jika tercium, mereka akan merasa seakan kehilangan keseimbangan. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak