4 Teknologi yang Ditemukan oleh Orang Indonesia


Dalam benak kita mungkin hanya berpikir bahwa penemuan teknologi canggih dan luar biasa hanya ditemukan oleh orang-orang luar negeri. Namun nyatanya, banyak orang Indonesia yang menemukan dan menciptakan penemuan teknologi canggih, yang mungkin tak pernah terlintas dalam pikiran kita. Berikut 4 teknologi yang ditemukan oleh orang Indonesia, seperti dilansir dari Berita2populercom, Rabu (7/10/2015).

1. Kontainer limbah nuklir

Kontainer limbah nuklir (Merdeka)
Kontainer limbah nuklir (Merdeka)

Ternyata kontainer limbah nuklir yang cukup penting dan banyak digunakan di seluruh dunia ini merupakan ciptaan orang Indonesia. Dia adalah Yudi Utomo. Dia merupakan peneliti di Fakultas Tehnik Universitas Gajah Mada sekaligus juga sebagai Ketua Jurusan Tehnik Nuklir di universitas tersebut. Kontainer Limbah Nuklir sendiri berbentuk silinder dengan bahan titanium. Silinder tersebut memiliki panjang 4 meter, diameternya 1,6 meter. Dinding Kontainer Limbah Nuklir ciptaan Yudi ini memiliki ketebalan 24 sentimeter. Tak tanggung-tanggung, Yudi mampu menciptakan Kontainer Limbah Nuklir yang dapat menampung limbah Nuklir dalam waktu 10 tahun.

2. Beton Penyangga Jalan Layang

Penyangga jalan layang (Berita2populer)
Penyangga jalan layang (Berita2populer)

Penyangga pembangunan jalan layang agar tidak mengganggu lalu lintas ini ditemukan oleh Tjokorda Raka Sukawati. Penemuannya ini disebut juga dengan Sosrobahu, yang artinya seribu bahu. Sosrobahu disinyalir dapat memutar beton yang berat hingga mencapai 480 ton 90 derajat. Sayangnya, hak paten dari Konstruksi Beton Penyangga Jalan Layang ini tidak dipegang oleh Indonesia. Jepang, Malaysia dan Filipina telah mendahului Indonesia menerbitkan hak paten pada tahun 1992.

3. Pesawat berkecepatan 20 kali kecepatan suara

Pesawat N-250 (Kaskus)
Pesawat N-250 (Kaskus)

Pesawat dengan kecepatan sebesar 20 kali kecepatan suara ditemukan oleh Bacharuddin Jusuf Habibie. Setelah berhasil mengembangkan pesawat di Jerman, Habibie disuruh pulang ke Indonesia untuk mengembangkan pengetahuannya di bidang tehnologi pesawat di dalam negeri. Sebagai kita tahu Habibie mulai mengembangkan industri penerbangan nasional dengan membuat sebuah pesawat N-250. Hebatnya lagi pembuatan pesawat tersebut hanya dilakukan oleh 20 orang saja. Sayangnya pembuatan pesawat ini terhenti sejak dirinya menjadi Wakil Presiden.

4. Jaringan 4G

Jaringan 4G (Berita2populer)
Jaringan 4G (Berita2populer)

Jaringan 4G, yang merupakan jaringan internet kecepatan tinggi, ternyata ditemukan oleh orang Indonesia. Ia adalah Prof. Khoirul Anwar. Dengan teknologi canggih 4G LTE ini maka kecepatan transfer data jauh lebih cepat dari tehnologi 3G. Prof. Khoirul Anwar adalah pemegang hak paten tehnologi 4G dengan basis OFDM atau Orthogonal Frequency Division Multiplexing. Ia adalah orang Kediri dan juga seorang alumni Tehnik Elektro ITB. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak