Nikmati Indahnya Kota Majalengka dengan Paralayang


Potensi wisata alam Kabupaten Majalengka tak kalah bersaing dengan potensi wisata lainnya jika memang pengelolaannya benar-benar dilakukan secara baik dan bertanggungjawab. Salah satu tempat wisata kali ini adalah kawasan Gunung Panten, Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka.

Para Atlet Berlatih Paralayang di Gunung Panten
Para Atlet Berlatih Paralayang di Gunung Panten

Untuk sampai ke lokasi tersebut sekitar 20 menit saja dari Bunderan Munjul Indah (BIM) Jl.KH.Abdul Halim, dengan kondisi alam yang masih cukup sedap dipandang mata, setiap orang terkadang lupa akan waktu dengan asyik menikmati alam tersebut. Belum lagi ditambah bisa menikmati pemandangan Kota Majalengka dari atas lewat paralayang.  Sejak adanya objek wisata olahraga Paralayang, nama Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka menjadi terkenal. Atlit-atlit Paralayang yang sudah beberapa menggelar lomba bukan hanya atlet lokal tetapi atlet internasional juga pernah menjajah olahraga ini di Desa Sidamukti.

Para Atlet Berlatih Paralayang di Gunung Panten
Para Atlet Berlatih Paralayang di Gunung Panten

Tidak hanya dapat menikmati olahraga paralayang, di  tersebut juga terdapat Curug Sempong dengan panjang sekitar 3 meter. Bahkan ditambah dengan kehadiran sirkuit Motorcross Martaguna Buah Lega yang sudah digunakan untuk kegiatan-kegiatan kejuaraan.

Menurut Kepala Desa Sidamukti Karwan, Pemerintah Desa Sidamukti dari waktu ke waktu telah berupaya menata tempat wisata ini agar bisa lestari dan berkembang sehingga banyak dikunjungi orang. Di Hutan suaka yang berada di sebelah Selatan lokasi Paralayang ada sebuah curug yang bernama Curug Sempong. Kawasan Gunung Panten ini telah menyimpan emas bagi kehidupan mendatang Desa Sidamukti, sehingga dengan diberdayakannya oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka Desa Sidamukti ini akan mempunyai masa depan yang cerah.â??Beberapa even sudah sering kita adakan mulai dari balap motor, kejuaaran paralayang nasional,â? kata Karwan.

Lokasi Wisata Paralayang Gunung Panten Desa Sidamukti Kecamatan Kabupaten Majalengka
Lokasi Wisata Paralayang Gunung Panten Desa Sidamukti Kecamatan Kabupaten Majalengka

Sementara itu menurut pengelola olahraga paralayang, Rieswan Graha, menyebutkan untuk masyarakat yang ingin mencoba olahraga paralayang bisa datang langsung ke lokasi di Desa Sidamukti. Dengan dipandu beberapa atlet nasional, masyarakat yang tertarik dan ingin mencoba bisa langsung terbang ke udara dan menikmati indahnya panorama alam kota Majalengka.

Amalia, Salah satu atlet paralayang yang siap siap terbang di kawasan Desa Sidamukti
Amalia, Salah satu atlet paralayang yang siap siap terbang di kawasan Desa Sidamukti

Tentunya olahraga yang satu ini tidak gratis, satu kali terbang dengan didampingi instruktur harus rela merogoh kojek yang sedikit lumayan berkisar Rp.450-750 ribu satu dan duakali terbang selama 10 menit. â??Memang olahraga eksterm ini lumayan mahal, tapi ada saja masyarakat dari luar kota Majalengka yang mencobanya dan pengelola melayaninya,â? ucapnya.

Ditambahkannya, pihaknya berencana kembali akan mengadakan event paralayang dengan kelas Internasional. Mengenai waktunya masih dalam tahap rencana, karena para atlet paralayang internasional tengah menghadapi event atau kegiatan lain. (kis/jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak