Berkunjung ke Bukit Hijau Situ Cipanunjang, Friesland van Java


Alam Indonesia memang sangat kaya dan indah. Gunung-gunung menjulang tinggi, hutan hijau menghampar luas, danau-danau indah menghiasi tanah, serta laut terhampar luas. Karena keelokan negeri Indonesia banyak negeri lain yang mendatangi Indonesia sejak dahulu. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa lain selama berabad-abad karena mengincar hasil bumi dari tanah Indonesia yang kaya. Sebut saja negeri Belanda yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun atau 3,5 abad lamanya.

Hingga kini peninggalan Belanda di Indonesia masih bisa terlihat dengan jelas. Mulai dari peninggalan bangunan pemerintahan, rumah atau villa Belanda, hingga gedung-gedung tua yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Beberapa bangunan peninggalan Belanda di beberapa daerah masih terawat dengan sangat baik. Salah satu peninggalan Belanda yang unik dan masih terawat dengan baik berada di kawasan Bandung. Disana terdapat danau buatan bangsa Belanda yang kini menjadi objek wisata termahsyur di kawasan Bandung Selatan. Tak jauh dari sana terdapat sebuah danau purba dengan pemandangannya yang sangat indah dan mirip dengan Friesland. Nama tempat itu adalah BUKIT HIJAU SITU CIPANUNJANG..

Bukit Hijau Situ Cipanunjang

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah bukit yang banyak ditumbuhi oleh rumput yang berwarna hijau dan berada di kawasan wisata Situ Cipanunjang. Karena hal itu tempat ini dinamai Bukit Hijau Situ Cipanunjang.

â??Situâ? dalam bahasa sunda berarti danau, sedangan â??Cipanunjangâ? memiliki arti penunjang atau penyokong. Hal ini dikarenakan Situ Cipanunjang berada diatas Situ Cileunca. Bisa dibilang bahwa Situ Cipanunjang ini menjadi penyokong dari Situ Cileunca, karena air dari Situ Cipanunjang ini mengalir langsung ke Situ Cileunca.

Bukit Hijau di Kawasan Danau Purba

Banyak yang belum mengenal mengenai keberadaan Situ Cipanunjang ini. Jika dibandingkan dengan saudaranya Situ Cileunca jelas Situ Cipanunjang ini kalah saing. Situ Cipanunjang memang tak seluas Situ Cileunca. Tapi apakah kamu tahu bahwa Situ Cipanunjang inilah danau yang sebenarnya?

Situ Cipanunjang memang lebih kecil ukurannya daripada Situ Cileunca. Tapi Situ Cipanunjang ini merupakan danau alami yang terbentuk dari proses alam. Berbeda dengan Situ Cileunca yang merupakan danau buatan manusia yang dibentuk saat zaman kolonialisme dulu.

Situ Cipanunjang merupakan sebuah danau purba yang terbentuk akibat proses alam sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Namun sayang, karena proses alam juga menjadikan Situ Cipanunjang ini semakin mengecil dan tak seluas dahulu. Bisa dikatakan bahwa Situ Cipanunjang inilah danau asli yang sebenarnya.

Danau Purba Sekaligus Tempat Penelitian Bangsa Belanda

Keindahan dari Situ Cipanunjang ini tak luput dari tangan-tangan bangsa Belanda saat zaman kolonialisme dulu. Mereka mengetahui bahwa Situ Cipanunjang ini memiliki potensi yang sangat besar. Hal itu terbukti bahwa ditempat ini sempat dibangun beberapa bangunan tua peninggalan Belanda. Mereka membangun beberapa bangunan ditempat ini dimaksudkan sebagai tempat penelitian dan sebagai tempat pengairan irigasi serta penyokong Situ Cileunca.

Spot Unik di Negeri Friesland in Indische

Situ Cipanunjang ini berada di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sejak dahulu Pangalengan terkenal sebagai daerah penghasil susu terbaik se-Hindia Belanda, dan hal itu sempat termahsyur hingga ke seluruh dunia saat itu. Hingga saat ini pun Pangalengan masih banyak terdapat peternakan sapi perahnya. Tak hanya terkenal karena produksi susunya yang melimpah, Pangalengan juga terkenal karena keindahan alamnya yang luar biasa. Karena hal itulah Pangalengan sempat dijuluki sebagai negeri Friesland in Indische.

Di kawasan Bukit Hijau Situ Cipanunjang ini terdapat spot dengan bangunan unik berbentuk bulat peninggalan kolonial Belanda yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto. Dengan dikelilingi oleh rerumputan hijau menjadikan fotomu nampak seperti berada di Friesland Belanda.

Tiket Masuk Bukit Hijau Situ Cipanunjang

Karena belum adanya pihak atau lembaga yang mengurusi kepariwisataan lokal yang berada di kawasan Situ Cipanunjang ini, maka pengunjung atau wisatawan belum dikenakan biaya administrasi. Mungkin nanti ketika sudah banyak orang yang tahu tentang keberadaan Situ Cipanunjang ini, dan adanya peran aktif dari masyarakat serta pemerintah maka dikemudian hari akan diberlakukan sistem retribusi tiket.

Lokasi Bukit Hijau Situ Cipanunjang

Bukit Hijau Situ Cipanunjang ini berlokasi di Desa Pulosarim, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Disarankan menggunakan kendaraan motor, hal ini karena akses jalan yang tak terlalu lebar dan sempit. Rute yang harus diambil adalah menuju Desa Pulosarim yang tak jauh dari pintu gerbang Wisata Situ Cileunca. Selain rute tersebut kamu juga bisa menggunakan kendaraan motor dengan sebelumnya mengunjungi kawasan Jembatan Cinta Situ Cileunca. Bukit Hijau Situ Cipanunjang ini berada tepat dibelakang Jembatan Cinta yang berwarna merah tersebut.

Cara kedua adalah dengan turun di kawasan/wana wisata Situ Cileunca. Dari sana kamu bisa menyewa sebuah perahu untuk sampai di lokasi ini.

Saya menyarankan untuk turun di kawasan/wana wisata Situ Cileunca sambil menikmati keindahan situ/danau yang luas ini dan sambil naik perahu menuju lokasi dari Bukit Hijau Situ Cipanunjang.

Happy wonderful traveling..


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak