Asteroid Spooky Bakal Dekati Bumi, Bahayakah?


Selain isu planet Nibiru yang dikabarkan akan menabrak Bumi, ada satu lagi ancaman yang akan dihadapi oleh planet yang kita tinggali ini. Bertepatan dengan Halloween, Bumi bakal didekati oleh asteroid yang bernama Spooky. Seperti apa asteroid ini? Mari kita lihat bersama.

Para astronom NASA dari program Objek Terdekat Bumi pertama kali melihat asteroid pada 10 Oktober 2015, hanya 3 minggu sebelum Spooky meluncur. Spooky sangat kecil dan redup untuk dideteksi, sehingga membutuhkan teleskop yang lebih besar. Sejak saat itu para astronom berjuang untuk mengawasi Spooky, melacak orbit, bentuk, serta ukurannya.

Asteroid Spooky secara resmi disebut 2015 TB145, ia memiliki lebar 950-2.100 kaki (290-650 meter). Para ilmuwan belum yakin ukuran yang tepat sampai mereka dapat melakukan pengukuran radar, saat yang paling akurat adalah pada Halloween, ketika Spooky berada pada jarak terdekat. Tetapi bahkan di tengah-tengah rentang, atau 1.300 kaki, Spooky akan membesar sekitar 32 kali dari asteroid yang terbakar dengan cara spektakuler di Chelyabinsk, Siberia, pada tahun 2013 lalu.

Perbandingan ukuran asteroid Spooky dengan gedung pencakar langit (National Geographic)
Perbandingan ukuran asteroid Spooky dengan gedung pencakar langit (National Geographic)

 

Memiliki ukuran yang cukup besar, apakah asteroid ini bisa mengancam Bumi? NASA telah mengukur lintasan asteroid dan mengatakan Spooky akan aman melintasi bumi. Ia akan menempuh perjalanan 78.000 mil per jam (35 km/detik), 29 kali lebih cepat dari kecepatan peluru. Para penghuni bumi bisa bernapas lega, karena Spooky hanya seperti batu terbang yang melewati orbit bulan pada hari Sabtu, 31 Oktober pukul 01:05 ET (17:05 UT) atau pukul 00.00 WIB pada tanggal 1 November mendatang.

Lintasan Asteroid Spooky (National Geographic)
Lintasan Asteroid Spooky (National Geographic)

“Pada saat titik terdekat, itu nggak lebih dekat dari sekitar 300.000 mil (480.000 km) ” kata Paul Chodas dari Pusat Studi Objek Terdekat Bumi di NASA Jet Propulsion Laboratory, seperti dikutip dari National Geographic, Kamis (29/10/2015).

“Meskipun relatif dekat dengan standar langit, diperkirakan Spooky bakal terlihat samar, sehingga pengamatan kala malam membutuhkan snggaknya teleskop kecil untuk bisa melihatnya,” lanjutnya.

Bagi yang penasaran ingin melihat asteroid ini, bisa menyiapkan teleskop pada malam sebelum pendekatan terdekatnya, yakni pada Jumat, 30 Oktober. Spooky bergerak perlahan di medan bintang dalam rasi Orion yang terang. Asteroid ini akan melewati bintang magnitudo ke-8 HIP 23.301 yang relatif cerah (hanya terlihat melalui teleskop) pada Sabtu pagi, pukul 03:20 ET.

Ilustrasi teleskop (Hai-Online)
Ilustrasi teleskop (Hai-Online)

Jika tidak punya teleskop, kamu bisa membuka Slooh, sebuah layanan pelacakan ruang berbasis internet, bakal mengawasi asteroid Spooky dengan teleskop robot di Kepulauan Canary dan Eropa. Kita juga dapat menonton siaran Slooh ini secara online mulai pukul 01:00 ET atau 17:00 GMT pada tanggal 31 Oktober atau pukul 00.00 WIB pada tanggal 1 November. (tom)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak