Baca Buku Jadi Lebih Menyenangkan di 5 Perpustakaan Unik Ini


Bagi kamu yang suka banget membaca buku, pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya perpustakaan. Perpustakaan memang tempat yang tepat buat menimba ilmu gratis. Meski zaman sudah serba maju seperti sekarang, perpustakaan di mana pun tidak pernah sepi dikunjungi oleh masyarakat. Untuk membuat pengunjung lebih betah, maka dibuatlah perpustakaan yang unik dan beda dari biasanya, seperti 5 perpustakaan unik yang ada di Indonesia berikut ini, yang sudah dilansir jadiBerita dari Kapanlagicom, Senin (2/11/2015).

1. Kuda Pustaka

Kuda Pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)
Kuda Pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)

Perpustakaan keliling yang dicetuskan oleh salah satu warga Purbalingga ini sudah mendunia. Bagaimana tidak, kegiatan seorang Ridwan Sururi ini sampai diliput berbagai media nasional dan internasional. Sesuai namanya, perpustakaan keliling ini mengantar buku-buku koleksinya melalui hewan kuda yang bernama Luna. Awalnya pria ini hanya mencari kepuasan hati saja karena profesinya memang sebagai seorang perawat kuda. Sering bepergian bersama, salah satu temannya pun memberi ide agar selama berkeliling, ia dan Luna bisa memberi manfaat yang lebih bagi masyarakat sekitar.

2. Perpustakaan Universitas Malahayati

Perpustakaan Universitas Malahayati (mediaranahjaya.blogspot.com)
Perpustakaan Universitas Malahayati (mediaranahjaya.blogspot.com)

Perpustakaan yang terletak di Bandar Lampung ini memang tidak biasa. Bagaimana tidak, bangunan yang luas ini selain dilengkapi dengan ribuan buku-buku yang tertata rapi di setiap rak-rak bukunya, juga dilengkapi dengan kolam ikan serta miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia. Jadi, ketika para pengunjung perpustakaan bakal merasa nyaman dan tenang saat membaca buku-buku sambil mendengar suara gemericik air kolam di sana.

3. Kereta Pustaka

Kereta Pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)
Kereta Pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)

Bagi yang suka pergi ke mana-mana menggunakan jasa transportasi kereta api mungkin sudah tak asing dengan nama ini. Kereta api pustaka yang diresmikan pada tahun 2011 lalu ini adalah kereta khusus untuk perpustakaan dan museum keliling. Di dalam kereta tersebut, kamu bisa membaca dan melihat berbagai informasi soal sejarah kereta api di Indonesia. Selain bisa duduk santai sambil lesehan dan berbincang, kamu juga bisa menikmati hiburan televisi di dalam kereta.

4. Becak Pustaka

Becak pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)
Becak pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)

Kamu tak kan percaya sebelumnya kalau becak bisa juga dijadikan perpustakaan. Sampai akhirnya kamu bertemu dengan sosok Muhammad Ridwan Alimuddin asal Tinambung, Sulawesi Barat ini. Cowok yang memiliki prinsip mulia ini hanya ingin menyebarkan ilmu dengan mengajak orang lain untuk sadar membaca. Becak pustaka ini ia jadwalkan mampir dari desa ke desa terdekat yang digilir bergantian setiap harinya. Nantinya dia berencana untuk membuat juga motor pustaka, untuk menjangkau daerah-daerah tertentu yang lebih jauh lagi jaraknya.

5. Perahu Pustaka

Perahu pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)
Perahu pustaka (mediaranahjaya.blogspot.com)

Perahu Pustaka ini ternyata masih ada hubungannya dengan Becak Pustaka sebelumnya. Sebab, pencetus ide perahu pustaka ini adalah orang yang sama dengan di balik Becak Pustaka tersebut, yaitu Muhammad Ridwan Alimuddin. Namun, khusus Perahu Pustaka ini dia bekerja sama dengan rekannya, Nirwan Ahmad Arsuka. Sesuai namanya, perpustakaan ini menggunakan alat transportasi perahu sebagai lokasi perpustakaan. Perahu yang diberi nama Patingalloang ini memang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin belajar tentang budaya dan tradisi Mandar. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak