Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Bikin Motor Berbahan Bakar Air


Inovasi teknologi kembali dilakukan oleh putra-putri Indonesia. Hasil temuan mereka ternyata tidak kalah dibandingkan dengan luar negeri. Hal ini sudah dibuktikan berkali-kali dan yang terakhir adalah penemuan sepeda motor berbahan bakar air oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Dengan menggunakan beberapa motor bekas, mahasiswa USU bereksperimen untuk membuat sebuah sepeda motor yang dapat digerakkan dengan bahan air. Motor ini dibuat oleh mahasiswa jurusan fisika yang menamakan dirinya sendiri dengan sebutan Team Auto Physics atau TOP.

TOP (Tribunnews)
Team Auto Physics alias TOP (Tribunnews)

Dilansir dari priceareacom, Rabu (11/11/2015), motor berbahan bakar air ini sudah mencapai pada tahap hampir sempurna dan akan segera dipatenkan serta dipamerkan oleh PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat.

Pada dasarnya sepeda motor ini diciptakan untuk memangkas penggunaan bahan bakar fosil. Dengan semangat tersebut, para mahasiswa yang tergabung dalam TOP kemudian membuat beberapa prototype yang memungkinkan para pengguna sepeda motor untuk menghemat bahan bakar konvensional pada umumnya.

Uji coba motor berbahan bakar air (Tribunnews)
Uji coba motor berbahan bakar air (Tribunnews)

Formasi bahan bakar sepeda motor ini memang tidak murni berbahan bakar air, namun tepatnya air menjadi salah satu komponen bahan bakar untuk menjalankan sepeda motor ini.

Bahan bakar utama dari motor ini ada dua, yaitu bioetanol dan air. Perpaduan antara bioetanol dan air menjadi penggerak utama yang mampu membawa motor ini berjalan sejauh 300 km.

Meskipun tidak murni berbahan bakar air, dengan metode ini, para pengguna sepeda motor bisa menghemat hampir 50 persen penggunaan bahan bakar fosil dan itu adalah angka yang sangat tinggi. Selanjutnya, bahan bakar ini tinggal dikembangkan lagi agar bisa menjadi bahan bakar yang menggunakan air sepenuhnya. Semoga saja itu bisa terjadi. (tom)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak