Gadget Canggih Ala James Bond yang Benar-benar Ada


Sejak film pertamanya dirilis tahun 1962 hingga sekarang, aksi James Bond selalu sukses mencuri perhatian penonton, salah satunya berkat gadget-gadget canggihnya. Tanpa gadget-gadget tersebut, tokoh James Bond boleh jadi akan kehilangan salah satu daya tariknya.

Yang menarik, dari seluruh gadget canggih yang pernah digunakan Bond dalam filmnya, tak semuanya fiksi. Seiring perkembangan teknologi, gadget canggih James Bond itu bisa menjadi kenyataan. Dilansir dari Telegraph, Kamis (12/11/2015), berikut adalah gadget canggih ala James Bond yang benar-benar ada di dunia nyata.

1. Kamera tahan air

Kamera tahan air (Telegraph)
Kamera tahan air (Telegraph)

Kamera ini muncul dalam film “Thunderball”. Q memberikan Bond sebuah kamera inframerah tahan air yang dapat digunakan memotret gambar dalam gelap. Kamera tahan air ini sekarang sudah ada di dunia nyata. Salah satunya, kamera Olympus Stylus TG-3 yang dapat bertahan di kedalaman air 15 meter.

2. Ponsel pengendali mobil

Ponsel pengendali mobil (Telegraph)
Ponsel pengendali mobil (Telegraph)

Dalam film “Tommorrow Never Dies”, James Bond yang diperankan oleh Pierce Brosnan mengendalikan mobil BMW seri 750 dari kursi belakang mobil dengan menggunakan ponsel Ericsson-nya. Sekarang, Jaguar Land Rover telah mengembangkan sistem tersebut yang membuat pengemudinya bisa mengontrol mobilnya menggunakan aplikasi ponsel.

3. Robot anjing

Robot anjing peliharaan (Telegraph)
Robot anjing peliharaan (Telegraph)

Dalam film “A View to a Kill” yang rilis tahun 1985, Q, yang diperankan oleh Desmond Llewelyn, terlihat sedang bermain dengan sebuah remote control dan robot anjing. Robot tersebut dinamai Snooper. Kini, beberapa perusahaan telah berhasil membuat robot anjing sungguhan. Salah satunya yang paling sukses diproduksi adalah Aibo.

4. Sidik jari palsu

Sidik jari palsu (Telegraph)
Sidik jari palsu (Telegraph)

Dalam film “Diamonds Are Forever” (1971), James Bond yang dimainkan oleh Sean Connery menggunakan sidik jari palsu yang ditempelkan pada jempolnya untuk mengelabui musuhnya. Pada tahun 2014, Mark Rogers, peneliti keamanan untuk perusahaan keamanan mobile Lookout menggunakan metode yang sama untuk mengelabui sensor Touch ID pada iPhone terbaru. Dengan menggunakan teknik dasar bagi penyidik penegak hukum dan prototypers, ia mengangkat sidik jari dari perangkat dan kemudian membuat cetakan dari kit papan sirkuit yang bisa dimodifikasi guna membuka kunci telepon.

5. Pistol berkode

Pistol berkode (Telegraph)
Pistol berkode (Telegraph)

Pistol ini muncul dalam film “Skyfall” yang rilis tahun 2012. Senjata seperti itu juga pernah ditampilkan dalam film “License to Kill”. Sekarang, perusahaan Jerman yang bernama Armatix telah mendesain sebuah senjata yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan sebuah jam tangan radio-kontrol untuk membuka kode pinnya dan siap untuk menembak. Jadi, jika tanpa dilengkapi jam tangannya, maka senjata itu tidak dapat digunakan.

6. Jetpack

Jetpack (Telegraph)
Jetpack (Telegraph)

Gadget James Bond bernama Jetpack ini pertama kali digunakan pada film “Thunderball”. Bond yang kala itu diperankan oleh Sean Connery menggunakan Jetpack untuk meloloskan diri dari dua orang bersenjata api. Kini, Martin Aircraft Company berhasil membuat sebuah Jetpack yang mampu terbang lebih dari 30 menit dengan kecepatan 74 km/jam dan ketinggian 3.000 kaki (1.000 meter).

7. Meja touchscreen

Meja touchscreen (Telegraph)
Meja touchscreen (Telegraph)

Di film “Quantum of Solace”, anggota M16 menggunakan sebuah meja multi-touch yang bisa digunakan untuk mencari sejumlah informasi tentang penjahat Dominic Greene. Pada tahun 2008, Microsoft dan Samsung merilis sebuah platform komputasi dengan permukaan interaktif bernama Microsoft PixelSense. Microsoft PixelSense bisa mengenali jari tangan, tangan dan objek yang ditempatkan di atas layar. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak