Fariana Dewi Djakaria, Pilot Helikopter Wanita Pertama di Asia Tenggara

Seorang pilot helikopter identik dengan seorang pria gagah, dan biasanya pilotnya merupakan pria setengah baya karena sudah pengalaman. Namun pilot helikopter yang satu ini beda dari biasanya.

Dibilang berbeda karena pilot helikopter ini adalah seorang wanita. Rambutnya pendek, ringkas, praktis. Perawakannya nggak jauh beda sama kamu. Namanya Fariana Dewi Djakaria. Di jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), gampang banget dikenali sebab dia satu-satunya pilot helikopter tempur wanita. Fariana, kelahiran Pariaman, Sumatera Barat itu juga tak menyangka dirinya bakal memiliki profesi yang luar biasa ini.

Fariana Dewi Djakaria (Kaskus)
Fariana Dewi Djakaria (Kaskus)

Dilansir dari Bintangcom, Kamis (12/11/2015), awalnya Fariana tercatat sebagai mahasiswi jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung. Hingga dia duduk di semester IV, nasibnya terbalik. Seorang saudaranya yang bekerja di TNI AU mengabarkan bakal ada perekrutan Wanita Angkatan Udara (WARA). Saat itulah dia tergerak untuk mencoba lantaran tawaran ajaib ini tak bakal datang dua kali.

Fariana Dewi Djakaria (Kaskus)
Fariana Dewi Djakaria (Kaskus)

Seleksi demi seleksi diikutinya, Fariana pun lulus menjadi WARA, namun tidak langsung diberikan hak untuk terbang. Dia ditempatkan di bagian keuangan, baru kemudian dia ikutan tes seleksi penerbang. Dari 14 WARA, hanya 2 orang yang lolos termasuk Fariana.

Fariana Dewi Djakaria (Kaskus)
Fariana Dewi Djakaria (Kaskus)

Dibandingkan pesawat, Fariana memilih menerbangkan helikopter. Helikopternya juga bukan sembarang helikopter. Tak tanggung-tanggung, yang dia kendarai adalah helikopter tempur. Berkat profesinya ini, Fariana tercatat sebagai satu-satunya wanita pengendara helikopter di Indonesia dan Asia Tenggara.

Semoga saja untuk waktu-waktu mendatang akan semakin banyak wanita-wanita Indonesia yang memiliki prestasi mendunia, agar nama Indonesia bisa harum di mata dunia. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Kalau Ingin Menjadi Enterpreneur, Kamu Harus Punya Ini

5 Negara Asia dengan Militer Terkuat