Ini Dia Shaolin Soccer di Dunia Nyata


Masih ingat dengan film “Shaolin Soccer”? Film yang tayang pada 2001 silam ini masih menjadi legenda hingga kini. Stephen Chow selaku sutradara sekaligus aktor di film itu sukses menggabungkan skill kung fu dengan sepak bola.

Kini, aksi sepak bola dengan berbagai jurus kung fu itu tak hanya bisa dinikmati dalam film saja. Sebuah sekolah sepak bola yang mencampurkan metode beladiri itu baru saja didirikan di dekat Kuil Shaolin di daerah Tiongkok Utara Provinsi Henan.

Sekolah sepak bola kung fu (China News)
Sekolah sepak bola kung fu (China News)

Sekolah tersebut membentuk dua kelas untuk 50 murid yang berusia 10 hingga 12 tahun. Murid yang terpilih akan mendapat pelatihan khusus dari sekolah kung fu Shaolin Tagou Martial Arts School. Pemerintah setempat juga telah mengirim 3 pelatih sepak bola profesional untuk mengajar di sekolah itu.

“Ini langkah yang besar untuk provinsi ini menggabungkan kung fu Shaolin dan sepak bola,” jelas Zhang Wenshen selaku Direktur Biro Olahraga Pemerintah, seperti dikutip jadiBerita dari South China Morning Post, Jumat (13/11/2015). “(Hal ini) untuk memperdalam pembaruan sepakbola serta mempromosikan seni beladiri Tiongkok,” lanjutnya.

“Ini hanya permulaan saja,” seru Liu Haike, wakil presiden Shaolin Tagou Martial Arts School yang telah memiliki 35 ribu murid. “Lebih banyak anak akan mulai bermain sepakbola dan saya percaya itu akan mendorong bakat baru sepak bola yang luar biasa.”

Sekolah sepak bola kung fu (China News)
Sekolah sepak bola kung fu (China News)

Kung fu dan Tiongkok memang tak bisa dipisahkan. Bela diri kuno ini tercipta dari negara ini. Bela diri kung fu biasanya menjadi salah satu kemahiran yang dimiliki oleh para penjaga kuil, yang disebut dengan Shaolin.

Jika nantinya ada pertandingan sepak bola dari sekolah ini, maka bisa dipastikan kita bisa melihat gerakan kung fu di dalam lapangan sepak bola, layaknya film “Shaolin Soccer”, meskipun tidak seekstrem filmnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak