Alasan Nyamuk Suka Terbang di Atas Kepala


Jika di rumahmu banyak nyamuk, kamu pasti bertanya-tanya mengapa nyamuk suka terbang di daerah sekitar kepala. Ternyata, ada sains di balik tingkah laku nyamuk ini. Dan uniknya lagi perliaku nyamuk seperti ini tidak ada hubungannya dengan menghisap darah kita.

Dilansir dari Quora, Rabu (18/11/2015), Rick Pollack, ahli serangga Amerika Serikat, menjelaskan jika itu nyamuk betina, maka mereka akan tertarik dengan berbagai gas dan senyawa, seperti aroma kelenjar keringat, bahkan karbondioksida, yang dihembuskan oleh manusia. Itulah mengapa nyamuk betina dengan suara khasnya yang berdengung selalu terbang di sekitar kepala manusia, karena senyawa karbondioksida dan aroma kelenjar keringat itu banyak dihasilkan di kepala kita.

Contoh paling mudah adalah coba saja kita tidak mandi sore, pasti nantinya nyamuk akan berkumpul diatas kepala kita. Hal ini jarang dijumpai pada orang yang sering keramas. Mereka pasti jarang sekali mengeluh rambutnya terkena gangguan oleh nyamuk.

Bukti lain, coba tanyakan pada teman kamu yang gundul, pasti mereka jarang mengeluh nyamuk terbang di atas kepala mereka. Itu karena sebenarnya rambut membuat kepala kita panas dan akhirnya berkeringat. Keringat itulah yang menyebabkan nyamuk menyukainya. Makin tebal rambut, maka resiko rambut berkumpul di atas kepala makin besar.

Nyamuk (Shutterstock)
Nyamuk (Shutterstock)

Namun anehnya hanya nyamuk betina yang melakukan hal tersebut. Apabila terdapat nyamuk jantan yang juga terbang di sekitar kepala, maka berarti mereka tengah mencoba untuk menandai tempat kawin.

Meski tidak bisa menggigit seperti nyamuk betina, nyamuk jantan mampu mendeteksi dan merespon perubahan konsentrasi karbondioksida. Dengan kemampuan ini, nyamuk jantan bisa menarik perhatian nyamuk betina yang sedang asyik bermain di sekitar kepala dan kemudian melakukan ‘perkawinan massal’ di udara.

Namun tidak semua nyamuk jantan dalam gerombolan itu yang bisa membuahi seekor nyamuk betina. Hanya satu yang paling beruntung dan kuat yang bisa kawin dengan nyamuk betina. Dan tidak semua jenis nyamuk melakukan tarian udara ini di sekitar kepala. Beberapa mungkin fokus pada pergelangan kaki atau daerah terbuka lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak