VIDEO: Kenapa di Luar Negeri Setir Mobil di Kiri dan di Indonesia Setir Kanan?


Buat kamu yang memiliki dan mengendarai mobil, atau paling tidak menumpang di mobil, tentunya tahu kalau semua mobil yang ada di Indonesia menggunakan setir kanan. Apakah hanya Indonesia saja yang mobilnya menggunakan setir kanan?

Nyatanya, hanya 35% negara di dunia termasuk Inggris yang mengadopsi posisi kemudi mobil sebelah kanan seperti di Indonesia, sedangkan 65% lainnya mengadopsi posisi kemudi mobil di sebelah kiri. Lalu kenapa Indonesia memilih untuk menggunakan setir kanan?

Dari video yang diunggah ke situs YouTube oleh akun bernama Kok Bisa, jawabannya ternyata karena perbedaan jalur kendaraan dari zaman dulu. Perbedaan posisi kemudi mobil disebabkan oleh perbedaan jalur kendaraan yang diadopsi tiap negara. Umumnya, jika jalur kendaraan ada sebelah kiri, posisi kemudi mobil, akan ada di sebelah kanan. Begitu juga sebaliknya. Posisi kemudi tersebut, baik kiri atau kanan, memungkinkan sang pengemudi untuk memiliki jangkauan penglihatan yang lebih jauh ke depan.

Jalur kanan dan kiri sendiri memiliki sejarah yang panjang. Jalur kiri, menurut sejarah, terjadi karena ksatria pada zaman dulu kebanyakan memegang pedangnya dengan tangan kanan, sehingga lebih mudah menjangkau musuh ketika sedang berkuda. Sementara jalur kanan baru mulai dipopulerkan, setelah terjadinya revolusi Prancis atas perintah Napoleon pad abad ke-19. Itu sebabnya kebanyakan negara-negara Barat menggunakan setir kiri.

Singkatnya, banyak dari jalur yang ada di suatu negara, dibawa oleh para penjajah yang menerapkan aturan dari negaranya sendiri, ke negara-negara koloninya. Itu yang terjadi pada Indonesia, dimana Belanda membawa aturan jalur kiri untuk Indonesia saat zaman penjajahan, dan terus berlanjut hingga kini. Akhirnya Indonesia menggunakan setir kanan untuk mobil-mobil yang digunakan penduduknya. Uniknya, Belanda sendiri sekarang menggunakan jalur kanan, bukan jalur kiri, karena Belanda dulu sempat dikuasai oleh Napoleon.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa lihat video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak