Cuma di Indonesia, Makanannya Sama, Tapi Nama Bisa Beda


Jika kamu berniat ingin menjajal wisata kuliner yang ada di Indonesia, mungkin tak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan banyaknya kuliner di Indonesia, dan masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Mungkin ada yang menganggap kalau makanan Indonesia itu beda daerah beda jenis. Namun kenyataannya justru banyak makanan dan cemilan tradisional yang juga ditemukan di daerah lain tapi dengan nama yang berbeda, padahal makanannya sama. Ada apa saja makanan atau jajanan seperti itu? Berikut beberapa makanannya yang sudah jadiBerita himpun untuk kamu.

1. Cendol

Cendol (Kaskus)
Cendol (Idntimes)

Kalau kamu di Jakarta dan sekitarnya, ini namanya es cendol. Namun, kalau kamu berada di Jawa Timur, kamu tak akan menemukan cendol. Yang ada es dawet.

2. Rujak serut

Rujak serut (Kaskus)
Rujak serut (Idntimes)

Di Jawa Barat, nama makanan ini rujak serut, karena buahnya diserut lalu dikasih kuah pedas. Sementara di Surabaya, makanan ini dikenal dengan nama rujak gobet.

3. Rujak buah

Rujak buah (Kaskus)
Rujak buah (Idntimes)

Mungkin kamu sudah mengenal jajanan yang satu ini. Namanya rujak, atau terkadang rujak buah. Tapi kalau kamu berasal dari Jawa Tengah, ini namanya lotis.

4. Tempe penyet

Tempe penyet (Kaskus)
Tempe penyet (Idntimes)

Makanan ini dimana-mana dikenal sebagai tempe penyet. Di Jakarta, makanan ini dikenal dengan nama pecel tempe.

5. Dadar jagung

Dadar jagung (Kaskus)
Dadar jagung (Idntimes)

Makanan ini berisikan jagung, yang kemudian ditaburi tepung dan digoreng. Selain dadar jagung, makanan ini dikenal dengan nama bakwan jagung atau perkedel jagung.

6. Biji salak

Biji salak (Kaskus)
Biji salak (Idntimes)

Kebanyakan orang mengenal makanan ini dengan nama biji salak, meskipun aslinya bukan terbuat dari biji salak. Orang Jawa tidak kenal dengan biji salak, kenalnya bubur candil. Di Bali, makanan ini disebut sebagai jaje batun bedil. Di Sulawesi, ini populer sebagai katiri mandi. Di Jawa Timur, makanan ini namanya Jenang Gendhul.

7. Martabak manis

Martabak manis (Kaskus)
Martabak manis (Idntimes)

Kebanyakan orang menyebut makanan ini martabak manis. Tapi kalau kamu main ke Jawa Timur, mereka menyebut makanan ini terang bulan.

8. Oseng tempe

Oseng tempe (Kaskus)
Oseng tempe (Idntimes)

Di Jawa Tengah dan Timur, ini sudah biasa disebut oseng tempe. Ini karena terbuat dari tempe yang dipotong-potong dan dimasak tumis. Dalam bahasa Jawa, tumis juga disebut sebagi oseng. Di Jakarta dan Jawa Barat masakan ini dikenal sebagai orek tempe atau tempe orek.

9. Roti kukus

Roti kukus (Kaskus)
Roti kukus (Idntimes)

Umumnya orang menyebut jajanan ini sebagai roti kukus. Nama lainnya adalah bolu kukus.

10. Kue pastel

Pastel (Kaskus)
Pastel (Idntimes)

Kue ini juga populer di masyarakat Indonesia, dan semua pasti setuju kalau ini namanya pastel. Namun kalau kamu ke Makassar, mereka menyebutnya dengan jalangkote.

11. Lapis surabaya

Lapis Surabaya (Kaskus)
Lapis Surabaya (Idntimes)

Sesuai namanya, lapis ini berasal dari Surabaya. Namun kalau kamu menanyakan lapis Surabaya pada orang Surabaya, mereka pasti bingung. Karena mereka menyebut kue ini kue spiku atau spe-koek, bukan lapis Surabaya.

12. Kue kura-kura

Kue kura-kura (Kaskus)
Kue kura-kura (Idntimes)

Makanan ini juga dikenal dengan nama kue tok, yang berisikan kacang hijau. Di Jawa Tengah, orang-orang menyebutnya dengan kue ku.

13. Cilok

Cilok (Kaskus)
Cilok (Idntimes)

Jajanan ini merupakan jajanan khas Bandung. Tapi kalau kamu ke Malang atau Surabaya, mereka menyebutnya pentol.

14. Serabi

Serabi (Kaskus)
Serabi (Idntimes)

Terkadang disebut juga sebagai surabi, dan merupakan jajanan populer di Jawa. Namun kalau di Bali, mereka menamakan kue ini dengan nama laklak.

15. Kue wajik

Wajik (Idntimes)
Wajik (Idntimes)

Jajanan ini juga populer di Jawa. Selain Jawa, jajanan ini juga populer di Sumatra, namun namanya adalah pulut manis.

16. Tape singkong

Tape singkong (Idntimes)
Tape singkong (Idntimes)

Kamu pasti familiar dengan tape singkong atau tapai singkong. Namun, orang Sunda punya nama yang lebih eksotis: peuyeum. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak