Pria Tamatan SMP Bikin Energi Listrik dari Batok Kelapa


Orang yang memiliki pendidikan rendah belum tentu memiliki ilmu atau wawasan yang rendah pula. Ada kalanya orang yang berpendidikan rendah justru lebih jenius dibandingkan dengan orang yang berpendidikan tinggi. Pria asal Sidoarjo ini contohnya.

Meski hanya tamat sekolah menengah pertama (SMP), pria bernama Bambang Permadi ini ternyata mempunyai kemampuan yang tidak kalah dengan peneliti yang bergelar profesor sekalipun. Bayangkan, warga Nyamplung, Sumokali, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur itu, berhasil menciptakan listrik dari arang batok kelapa.

Dari hasil uji coba yang dia lakukan menunjukkan bahwa dua sendok makan arang batok kelapa, dicampur dengan penjernih air, mampu menghasilkan aliran listrik setengah watt, dan saat ini batok kelapa itu masih dikembangkan menjadi pembangkit listrik tenaga arang.

Batok kelapa (Blogobat)
Batok kelapa (Blogobat)

Melihat penampilan Bambang, tak menyangka apabila dia seorang inovator. Penampilannya biasa, bahkan cenderung kumel. Gaya bicaranya ceplas-ceplos, dan cepat akrab. Bambang telah membuktikan jangan melihat orang dari penampilannya.

Yang lebih unik dari Bambang adalah rumahnya. Di daerah rumahnya, meski aliran listrik PLN padam, tidak demikian dengan listrik di rumah Bambang. Ini karena rumahnya menggunakan listrik solar cell alias tenaga surya.

Ia menerapkan listrik tenaga surya buatannya sendiri di rumahnya. “Ini sudah tiga tahun, dan tidak ada masalah hingga sekarang,” kata Bambang seperti dikutip dari Tribunnewscom, Jumat (20/11/2015).

Di rumah Bambang yang sederhana, terlihat banyak barang-barang percobaan, mulai dari panel tenaga surya, aneka ragam pipa, cairan-cairan dari tumbuhan, dan banyak lainnya. Hingga kini, pekerjaan utama Bambang adalah montir di bengkel mobil dan motor. Penemuannya didapat tidak dari bangku sekolah namun dari hal-hal kecil yang ada di sekitarnya dan mencoba secara otodidak.

Semua penemuan Bambang ramah lingkungan, karena menemukan sumber energi alam murni yang bisa diperbaharui. Kelanjutan dari BBM biogas, Bambang menemukan pengganti BBM lainnya, yakni dari enceng gondok, pada tahun 2013. Baru pada tahun ini, Bambang berhasil menciptakan energi listrik dari batok kelapa.

Semoga pengembangan arang menjadi energi listrik buatan Bambang ini bisa terus berjalan, sehingga kita tidak perlu khawatir jika listrik PLN tiba-tiba padam. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak