5 Kucing Asli Indonesia yang Terancam Punah

Banyak dari kita hanya mengetahui beberapa jenis kucing di Indonesia, apalagi bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan yang sudah banyak didominasi oleh jenis kucing dari luar negeri seperti Persia, Anggora, Himalaya dan banyak lagi. Meski demikian, ternyata Indonesia juga memiliki banyak sekali jenis-jenis kucing lain yang eksotis dan asli Indonesia, tetapi beberapa di antaranya sudah terancam punah. Berikut adalah 5 kucing asli Indonesia yang terancam punah, yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

1. Kucing merah

Kucing Merah (Kaskus)
Kucing Merah (Kaskus)

Kucing ini termasuk salah satu hewan endemik dari Pulau Kalimantan. Keberadaannya sudah dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Seperti namanya, bulu kucing ini memang tampak kemerahan dan di dunia internasional lebih dikenal dengan nama Bornean Bay Cat karena keberadaannya yang hanya ada di Pulau Borneo (Kalimantan).

2. Kucing kepala datar

Kucing kepala datar (Kaskus)
Kucing kepala datar (Kaskus)

Kucing kepala datar, alias Flat-Headed Cat, populasinya tersebar di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Sejak tahun 2008 lalu kucing ini sudah dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh IUCN. Selain kepalanya yang datar, kucing ini memiliki corak bulu yang berwarna coklat kemerahan di dahinya dengan warna dominan coklat gelap pada badannya dan memiliki bintik putih di bagian perutnya. Diperkirakan pada tahun 2008 kucing ini hanya tersisa 2.500 ekor dan hanya beberapa ekor yang berada di penangkaran.

3. Kucing hutan

Kucing hutan (Twitter)
Kucing hutan (Twitter)

Kucing hutan dikenal sebagai Asian Leopard Cats karena corak bulunya yang menyerupai macan tutul. Kucing ini termasuk dalam genus Prionailurus dan spesies Prionailurus Bengalensis (P.B). Terdapat 3 jenis kucing hutan yang hidup di Indonesia yaitu sub spesies P.B Javanensis yang penyebarannya di Pulau Jawa-Bali, P.B Sumatranus di Sumatra, dan P.B Borneoensis di Kalimantan. Meski tergolong beresiko rendah oleh IUCN, tetap saja kucing ini masuk dalam daftar hewan yang dilindungi dan tidak boleh lagi ada yang memeliharanya.

4. Kucing Bakau

Kucing Bakau (Kaskus)
Kucing Bakau (Kaskus)

Kucing Bakau atau dalam bahasa Inggris biasa disebut Fishing Cat adalah jenis kucing yang habitatnya berada di bakau, rawa ataupun tepian sungai yang terkena pasang surut air laut di beberapa daerah Jawa. Kucing bakau ini adalah salah satu spesies kucing yang tidak takut air, bahkan kucing ini justru dapat menyelam untuk menangkap mangsanya yang berupa ikan, katak, unggas air, dan udang. Oleh pemerintah kita sendiri kucing bakau ini termasuk hewan yang dilindungi dengan peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999, begitu juga oleh IUCN.

5. Kucing emas

Kucing emas (Alamendah)
Kucing emas (Alamendah)

Kucing emas ini adalah salah satu hewan yang dianggap memiliki kekuatan magis. Karena itu hewan ini menjadi buruan banyak orang dan menjadikannya salah satu hewan yang berada di ambang kepunahan. Kucing ini termasuk kucing yang suka hidup sendiri tetapi ketika ia menemukan pasangannya ia akan setia selamanya. Kucing ini sebenarnya sudah pernah dianggap punah pada tahun 2005 sampai akhirnya sosok kucing ini tertangkap oleh kamera di wilayah Way Kambas, Lampung. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Kelebihan Bahasa Jawa Dibandingkan Bahasa Lain di Dunia

Diciptakan Robot yang Memiliki Hati dan Menguasai 17 Bahasa