Ini Dia Terowongan Terpanjang di Indonesia


Pembangunan atau Proyek Jalan Tol di indonesia selama ini memang sering kita dengar banyak yang tidak mengindahkan ekosistem lingkungan hidup di sekitarnya. Mulai dari penggundulan hutan atau bukit kecil sampai dengan pengurugan sungai/kali disepanjang proyek tersebut. Sedangkan imbasnya ke masyarakat disekitar adalah hilangnya mata pencaharian seperti bertani dan berkebun, tak jarang mereka juga tidak pernah menikmati fasilitas-fasilitas yang dibangun tersebut.

Namun, kali ini pihak pemerintah mulai mengkedepankan faktor perlindungan lingkungan hidup atau istilah asingnya Go Green, dengan membangung jalan tol bernama Cisumdawu. Jalan Tol ini akan menghubungkan kota Cileunyi, Sumedang sampai ke Dawuan Subang Jawa Barat sehingga jarak tempuh dari Kota Bandung ke Sumedang bisa ditempuh hanya dengan waktu 15 menit saja.

Peta jalan tol Cisumdawu (Mansarpost)
Peta jalan tol Cisumdawu (Mansarpost)

Penerapan Go Green di sini adalah pihak pemerintah berusaha supaya tidak ada lagi penggundulan lahan yang kemudian dijadikan jalan tol, seperti yang sudah-sudah. Jika nantinya memang terpaksa ada penggundulan, maka pihak pengelola akan mereboisasi kawasan yang terkena dampak proyek jalan tol tersebut, sehingga jalanan akan tetap hijau.

Proses pembuatan jalan tol Cisumdawu (Kaskus)
Proses pembuatan jalan tol Cisumdawu (Kaskus)

Yang unik dari jalan tol ini adalah adanya terowongan yang mencapai 1 km panjangnya. Karena itulah, terowongan ini bisa dibilang merupakan terowongan terpanjang di Indonesia. Terowongan ini membentang mulai dari Rancakalong tembus hingga ke Sumedang.

Proses pembuatan jalan tol Cisumdawu (Kaskus)
Proses pembuatan jalan tol Cisumdawu (Kaskus)

Kondisi topografi di ruas jalanan tersebut, yang terjal dan berbukit-bukit, merupakan dasar dibangunnya terowongan tersebut. Daripada membelah bukit, pemerintah mencari alternatif lain yakni dengan melakukan penggalian dan membuat terowongan. Pembangunan terowongan ini menggunakan teknologi tinggi dan tidak akan menggangu aktivitas lahan di atasnya sehingga tidak akan merusak lingkungan sekitarnya.

Proses pembuatan jalan tol Cisumdawu, yang akan dijadikan terowongan (Kaskus)
Proses pembuatan jalan tol Cisumdawu, yang akan dijadikan terowongan (Kaskus)

Memang saat ini terowongan ini masih dalam tahap pembangunan. Semoga proyek ini bisa selesai tepat waktu, dan jika proyek ini selesai nanti, Indonesia akan bangga karena mempunyai salah satu terowongan tol terpanjang yang ramah lingkungan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
71
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
61
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak