Stadion Anti Mainstream, Ada Kereta Lewat di Dalamnya


Beberapa negara di dunia ini berlomba-lomba untuk membangun stadion yang megah dan bisa memukau pengunjung yang ingin menonton pertandingan sepak bola. Namun ada satu stadion yang berbeda dibandingkan stadion lainnya, yang jauh lebih megah. Stadion sederhana ini adalah Stadion Dobroc di Slovakia.

Apa yang berbeda dari stadion ini? Yang berbeda adalah stadion ini di pinggiran lapangannya dilintasi kereta api. Dengan kata lain, selama pertandingan berlangsung, nantinya akan ada kereta api yang masuk ke dalam stadion itu, hanya untuk menumpang lewat.

Kereta api di dalam stadion (Mirror)
Kereta api di dalam stadion (Mirror)

Dilansir dari Mirror, Kamis (26/11/2015), stadion ini dianggap sebagai stadion paling aneh di dunia, alasannya karena cuma di stadion inilah ada kereta lewat saat pertandingan berlangsung. Stadion Dobroc berada di kawasan Cierny Balog, Brezno District. Dari Kota Bratislava, ibukota negara Slovakia, butuh dua jam naik mobil untuk tiba di sana.

Cierny Balog sendiri memang sejatinya bukan destinasi wisata. Tapi, stadion sepakbola di sanalah yang bikin turis berdatangan, hanya untuk melihat lintasan kereta api di dalam stadion.

Kereta api di dalam stadion (Mirror)
Kereta api di dalam stadion (Mirror)

Lintasan kereta api tersebut sebenarnya adalah lintasan dari Cierny Hron Railway. Keretanya sudah ada sejak tahun 1909 yang diperuntukkan untuk mengangkut hasil penebangan kayu-kayu dan hasil alam lainnya dari gunung. Lintasan kereta ini membentang sepanjang 131,9 km dan menghubungkan antara Cierny Balog dan Hronec.

Dibangun sejak lama, maka jelas kereta yang melintas di stadion ini adalah kereta uap, bukan kereta listrik. Sempat digunakan sebagai transportasi umum pada tahun 1928, akhirnya keretanya diberhentikan pada tahun 1992. Tapi beberapa tahun setelahnya, kereta ini kembali dibuka dan dipergunakan sebagai kereta wisata.

Kereta api di dalam stadion (Mirror)
Kereta api di dalam stadion (Mirror)

Ada satu yang jadi misteri, yaitu siapa pendiri stadion dan mengapa membangun stadionnya di sana. Hingga kini masih belum ada yang bisa menjawabnya. Klub sepakbola TJ Tatran Cierny Balog sendiri, yang merupakan ‘penghuni’ stadion itu, berdiri sejak tahun 1933. Itu artinya lintasan kereta api sudah lebih dulu ada daripada klubnya. Bisa jadi kalau stadion itu sengaja dibangun di dekat lintasan kereta api untuk menjadikan stadion ini beda dengan lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak