Kecanggihan Helikopter Khusus Presiden RI Terbaru


TNI Angkatan Udara membeli helikopter baru, Agusta Westland AW101 VIP. Pesawat itu sebagai pengganti helikopter Super Puma yang dianggap sudah uzur. Agusta Westland AW101 VIP akan digunakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk blusukan ke daerah terpencil. Selain itu akan digunakan juga untuk menjamu para tamu negara.

Lalu, apa kecanggihan dari helikopter ini sehingga TNI AU memutuskan untuk membelinya? Berikut beberapa kecanggihannya seperti dilansir dari situs resminya, agustawestland.com, Jumat (27/11/2015).

1. Dilengkapi mesin GE CT7-8E

Mesin GE CT7-8E  (Helihub)
Mesin GE CT7-8E (Helihub)

Untuk mendukung performa, helikopter AW101 ini dilengkapi dengan mesin GE CT7-8E. Tak tanggung-tanggung, helikopter ini memakai tiga unit dari mesin tersebut. Mesin ini memiliki fitur Full Authority Digital Engine Control (FADEC), yang beberapa fungsinya bisa mengontrol bahan bakar serta mengoptimalkan mesin operasionalnya.

2. Kaca depan dilengkapi Night Vision Goggle

Helikopter AW101 (Guiltymag)
Helikopter AW101 (Guiltymag)

Helikopter ini dilengkapi dengan Night Vision Goggle (NVG) di kaca depannya, sehingga masih dapat melihat dengan jelas keadaan sekitar dalam keadaan gelap.

3. Interior luas dan nyaman

Interior AW101 (Guiltymag)
Interior AW101 (Guiltymag)

Memiliki panjang 19,53 meter, jelas helikopter ini memiliki interior yang luas. Helikopter ini dilengkapi dengan 24 tempat duduk, serta disediakan kamar mandi di dalamnya. AW101 juga tercatat memiliki standar pengamanan modern, seperti perahu karet dan sarana bantalan udara yang mengembang seperti air bag (kantong udara) saat terjadi benturan.

4. Sistem pertahanan yang cukup lengkap

Fitur-fitur pertahanan helikopter AW101 (Defence)
Fitur-fitur pertahanan helikopter AW101 (Defence)

Helikopter AW101 dilengkapi dengan fitur pertahanan yang cukup lengkap, seperti Radar Warning Receiver (RWR), Laser Warning System (LWS), Missile Approach Warning System (MAWS), Countermeasures Dispensing System (CMDS), and Directed Infra-Red Countermeasures (DIRCM). Fitur-fitur itu bisa memberikan helikopter peringatan akan adanya bahaya, seperti serangan misil atau laser milik musuh, sehingga bahaya dapat dicegah secara dini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak