Joey Alexander, Pianis Cilik yang Mendunia


Joey Alexander (blogs.kcrw.com)

Ketika anak-anak kecil pada umumnya menyibukan diri dengan bermain bersama teman-temannya, maka kisah bocah cilik yang satu ini memiliki perbedaan sedikit dari teman-teman sebayanya yang lain. Kecintaannya pada musik membawa ia sukses di Tanah Air, bahkan dunia.

Ya, Joey Alexander, bocah berusia 12 tahun yang lahir di Bali ini memiliki kemampuan bermain musik yang luar biasa. Joey mampu mengalunkan musik indah ber-genre­ jazz melalui jemari tangannya yang bersentuhan dengan tuts piano.

Joey Alexander, pianis cilik asal Indonesia yang mendunia (jazztimes.com)

Sejak bayi Joey terbiasa mendengarkan lagu-lagu jazz koleksi ayahnya. Kemudian saat berusia 6 tahun, Joey mengakrabkan diri dengan tuts piano. Awalnya, Denny, sang ayah membelikannya sebuah keyboard dan mulai mengenalkannya pada Joey. Namun cara Joey memainkan keyboard membuat kedua orangtuanya terpana.

Akhirnya, kedua orangtua Joey mendaftarkannya ke sekolah musik klasik di Jakarta. Namun, pada usia 7 tahun Joey lebih memilih untuk belajar secara otodidak di rumah ditemani sang ayah. Karena ternyata Joey lebih mencintai musik jazz daripada musik klasik. Dan memasuki usia delapan tahun, ia ber-jam session dengan pianis legendaris Herbie Hancock di Jakarta.

Joey Alexander bersama Herbie Hancock (voanews.com)

Diusia 9 tahun, Joey memenangkan grand prize di Master-Jam Fest di Ukraina. Sejak itu, namanya makin dikenal di kalangan penikmat musik jazz. Setahun terakhir, ia bersama kedua orang tuanya pindah ke New York. Berbekal bantuan dari peniup terompet legendaris Wynton Marsalis yang memuji Joey sebagai â??my hero.â? Diakun facebook-nya.

Di Negeri Paman Sam, bakat Joey ditangani orang-orang yang tepat, termasuk dari Jazz at Lincoln Center. Mereka memberikan edukasi agar Joey tak sekadar piawai memainkan instrumen musik, juga mampu memberikan inspirasi bagi bocah lain seusianya.

Dilansir dari New York Times album debut milik Joey berjudul â??My Favorite Thingsâ? telah rilis pada 12 Agustus 2015 kemarin. Di album tersebut berisikan lagu-lagu klasik yang diimpresikan dengan gaya khas Joey, seperti Giant Steps, It Might As Well Be Spring, dan Over The Rainbow.

Discover Joey Alexander (cloudfront.net)

Sepanjang tahun ini, agenda Joey sudah padat. Ia, antara lain bakal tampil di Newport International Jazz Festival, juga melakukan tur keliling Amerika Serikat dan Eropa. Wih, hebat sekali ya pianis cilik Joey Alexander. Terus banggakan Indonesia ya, Joey.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak