KRI Klewang, Kapal Perang Tercanggih Indonesia


KRI Klewang adalah kapal perang Indonesia yang digadang-gadang menjadi kapal perang tercanggih milik Indonesia. Pada awal kemunculannya, KRI ini sempat membuat publik militer dunia terkejut, karena ternyata Indonesia mampu memiliki kapal perang dengan kemampuan canggih. Apa saja kecanggihannya? Berikut kecanggihan KRI Klewang seperti dilansir jadiBerita dari Boombastiscom, Senin (30/11/2015).

1. Kapal Berdesain Trimaran Pertama Indonesia

Desain Trimaran (Jakartagreater)
Desain Trimaran (Jakartagreater)

Trimaran berarti kapal multihull atau berlambung lebih dari satu, yang terdiri dari satu lambung utama dan dua lambung kecil atau cadik yang menempel di sisi sebelah kanan serta kiri lambung utama, hampir mirip dengan bentuk kapal layar nelayan tradisional. Lambungnya sendiri berdesain khusus, berbentuk lancip di ujung yang membuatnya mampu melaju lebih cepat hingga kecepatan 50 knot dan menambah stabilitas kapal saat menembus ombak setinggi 6 meter.

2. Mampu Hilang dari Tangkapan Radar

KRI klewang (Boombastis)
KRI Klewang (Boombastis)

KRI Klewang juga mempunyai kemampuan stealth atau tidak bisa dilacak oleh radar. Ini dikarenakan KRI Klewang menggunakan bahan carbon fiber yang tidak menginduksikan panas. Kelebihan lain dari carbon fiber adalah materialnya yang lebih kuat namun memiliki bobot lebih ringan dibandingkan baja.

3. Dilengkapi senjata canggih

Rudal KRI Klewang (Boombastis)
Rudal KRI Klewang (Boombastis)

KRI Klewang didesain sedemikian rupa sehingga mampu dilengkapi dengan berbagai persenjataan mematikan, seperti rudal C-705 yang merupakan hasil kerja sama Indonesia dengan Tiongkok. Rudal ini mempunyai daya jelajah hingga 120 km.Selain itu, KRI Klewang juga dipersiapkan untuk mampu membawa rudal anti kapal lain yang tidak kalah garang, seperti RBS-15, Penguin atau Exocet MM-40. KRI Klewang juga dilengkapi dengan senjata canon dengan kaliber 40-57mm dan sistem kendali persenjataan menggunakan CSIS dan CPMIEC.

4. Produk asli Indonesia

KRI Klewang (Photobucket)
KRI Klewang (Photobucket)

Dibuat di galangan kapal milik PT Lundin Industry Invest yang bermarkas di Banyuwangi, KRI Klewang bukan saja menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia namun juga menjadi salah satu bukti bahwa kemampuan putra putri bangsa utamanya di bidang kemaritiman tidaklah bisa dipandang sebelah mata.

Sayangnya, kapal perang canggih ini harus â??menemui ajalâ?? dengan ironis saat berumur 2 minggu sejak diresmikan. Pada tanggal 28 September 2012, KRI Klewang secara tiba-tiba terbakar hingga tenggelam beberapa jam kemudian. Penyebab kebakaran diketahui karena adanya arus pendek listrik yang sekaligus menepis anggapan bahwa kapal tersebut terbakar karena aksi sabotase. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak