5 Negara Baru yang Bakal Muncul di Masa Depan

Sejak zaman dahulu, banyak sekali negara atau mungkin kerajaan yang muncul hingga akhirnya tenggelam. Di dalam negeri kita mengenal Majapahit, dan Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara yang hebat. Semuanya hancur karena adanya perang di masa lalu yang tak bisa dihindarkan lagi. Kali ini giliran negara-negara baru yang bermunculan dan mulai menyatakan diri sebagai wilayah yang berdaulat. Meski kebanyakan dari mereka belum resmi namun bisa diprediksi di masa depan akan muncul negara baru. Apa saja? Berikut beberapa negara baru yang diprediksi bakal muncul, seperti dilansir dari Boombastiscom, Selasa (1/12/2015).

1. Bougainville

Milisi Bougainville (News.com.au)
Milisi Bougainville (News.com.au)

Bougainville adalah wilayah konflik yang terletak di Papua Nugini. Sejak tahun 1988-1998 telah terjadi perang sipil hingga menyebabkan 20.000 orang tewas. Akhirnya Papua Nugini melakukan perbaikan wilayah di Bougainville dan membiarkan mereka melakukan pemerintahannya sendiri meski dalam pengawasan yang ketat. Orang di Bouganviller memutuskan untuk membuat sistem pemerintahannya sendiri yang resmi. Diperkirakan sekitar 5 tahun ke depan masyarakat di Bougainville akan melakukan referendum untuk bisa bebas dan menjadi negara sendiri terlepas dari Papua Nugini.

2. United States of Europe (Eropa Serikat)

United States of Europe (Ktfnews)
United States of Europe (Ktfnews)

Saat ini Eropa telah bersatu menjadi Uni Eropa dengan mata uang dan beberapa kebijakan yang sama. Meski demikian mereka tetap sekelompok negara berbeda dengan pemerintahan yang beraneka ragam. Keadaan Eropa yang sudah mulai sama satu sama lain membuat beberapa orang melemparkan ide untuk menyatukan semua negaranya. Nantinya jika memang terjadi, Eropa akan menjadi satu negara. Tidak ada lagi negara Prancis Swiss, hingga Spanyol. Semuanya menjadi satu wilayah dalam bendera United States of Europe.

3. East Turkestan (Turkestan Timur)

East Turkestan (Diplomacypakistan)
East Turkestan (Diplomacypakistan)

East Turkestan adalah sebuah negara yang diharapkan akan berdiri di provinsi Xinjiang, Tiongkok. Provinsi yang terletak di sebelah timur Tiongkok ini memiliki penduduk yang mayoritas adalah seorang Muslim. Kita sering mengenalnya dengan nama Muslim Uighur. Penduduk di provinsi menemui banyak sekali kesulitan dalam menjalankan ibadahnya karena pemerintah Tiongkok banyak memberi larangan. Akhirnya untuk melindungi agama dan juga budaya, Muslim Uighur melakukan gerakan pemberontakan. Sampai saat ini sudah puluhan ribu Muslim Uighur meregang nyawa untuk membuat negara impiannya berdiri di wilayah negara Tiongkok.

4. Ryukyu

Ryukyu (Time2pcs)
Ryukyu (Time2pcs)

Ryukyu adalah nama suku yang ada di Kepulauan Okinawa, Jepang. Penduduk Okinawa sebenarnya menginginkan adanya kemerdekaan. Mereka tidak ingin berada di bawah Jepang yang terlalu banyak melakukan kejahatan perang di masa lalu. Gerakan Ryukyu merdeka ini tetap ada hingga sekarang dan bisa jadi Ryukyu menjadi negara sendiri yang terpisah dari Jepang di masa depan.

5. Catalonia

Catalonia (Netdna-cdn)
Catalonia (Netdna-cdn)

Catalonia adalah sebuah wilayah yang terletak di Spanyol. Sejak tahun 1975 wilayah ini mulai melakukan pemerintahannya sendiri dan menjadi semi independen. Catalonia memiliki bahasa, budaya, dan kebiasaan hidup yang berbeda dengan semua daerah di Spanyol. Bahkan di masa lalu mereka pernah merdeka dan menjadi sebuah wilayah mandiri. Ke depannya Catalonia akan terus memberi tekanan hingga menjadi wilayah yang merdeka. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Fakta Menarik Jadi Gamers, Jago Bahasa Inggris?

5 Film Indonesia yang Angkat Kisah Perjuangan Guru