Tips Menjadi Gitaris Handal


Bicara tentang musik, pastinya kamu sudah tahu kalau yang namanya gitar itu merupakan alat musik petik yang pada format musik apapun masih bisa masuk. Bermain gitar tak hanya butuh skill semata, akan tetapi juga banyak faktor lainnya yang tentunya menunjang musikalitas. Bisa jadi kamu akan beruntung dengan menjadi gitaris ternama yang dikenal banyak orang. Jika ingin menjadi gitaris handal, kamu bisa mencoba tips-tips berikut ini, yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

1. Tetap optimis

Latihan gitar (Kaskus)
Latihan gitar (Kaskus)

Apapun jenis musik yang kamu mainkan, kamu tak perlu minder karena setiap gitaris pasti punya ciri khas sendiri-sendiri. Rasa ragu dan minder sekalipun bakalan hangus terbakar oleh aliran semangat dan optimis yang kamu miliki. Jadi, kamu wajib punya rasa semangat dan optimis yang tinggi.

2. Rajin latihan 5 jam tiap hari

Chord gitar (Kaskus)
Chord gitar (Kaskus)

Tak ada orang jago main gitar tanpa adanya latihan. Kalau kamu ingin jadi gitaris yang jago, tentu kamu wajib rajin latihan, kalau perlu tambah jam latihannya dibandingkan biasanya. Kamu bisa mencoba latihan 5 jam sehari dan lebih serius lagi. Latihan ini bisa berupa memainkan semua jenis lagu, senam jari, atau teknik picking. Jika kesulitan, kamu bisa lihat video tutorial di YouTube.

3. Cover lagu orang dengan gaya kamu

Berlatih di studio (Kaskus)
Berlatih di studio (Kaskus)

Setelah latihan setiap hari, mungkin saatnya kamu mencoba dengan memainkan lagu orang lain dengan gaya bermain gitar kamu sendiri. Ini akan lebih efektif apabila kamu merekam audio dan videonya biar nantinya bisa jadi dokumentasi. Dokumentasi ini akan menjadi bahan ketika agan ngelihat kesalahan di nada/bar mana yang sekiranya kurang pas.

4. Perbanyak jamming dan improvisasi

Latihan di studio (Kaskus)
Latihan di studio (Kaskus)

Jamming adalah hal yang penting buat pemain gitar. Terkadang ilmu bisa didapat dengan cara jamming. Selain memperbanyak repertoar lagu, kamu bisa memanfaatkan momen jamming bareng pemain drum, bass, atau keyboard ini untuk bisa melatih feeling dan improvisasi biar makin kuat. Nantinya, jamming ini bisa jadi akan menambah skill bermain gitar kamu.

5. Wajib punya band

Manggung (Kaskus)
Manggung (Kaskus)

Setelah membekali dengan rasa semangat membara dan telah melewati proses latihan yang bertubi-tubi, saatnya mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari. Untuk bisa mempraktikkannya, maka kamu wajib punya band. Dengan punya band, selain bisa memperlihatkan skill kamu, kamu juga bisa belajar menyelaraskan diri kamu dengan rekan band kamu, sehingga tak ada yang menonjol dan semuanya selaras.

6. Ikutan Supergitar Competition 2015

Supergitar Competition (Kaskus)
Supergitar Competition (Kaskus)

Ingin menunjukkan keahlian kamu bermain gitar lebih jauh lagi? Kamu bisa ikutan event Supergitar Competition 2015, yang sudah membuka pendaftaran sampai dengan tanggal 31 Desember nanti. Caranya kamu cukup mengunggah video permainan gitar kamu ke situs supermusic.id/supergitarcompetition2015. Ada hadiah keren menanti kamu jika kamu berhasil menang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak