Menikmati Segarnya Kolam Renang Tengah Sawah di Talaga Cikahuripan


Banyak sekali sebutan nama untuk tempat yang anti mainstream ini. Ada yang menyebutnya sebagai Talaga Cikahuripan, ada yang menyebutnya sebagai Sendang Geulis Kahuripan, dan ada pula yang menyebutnya sebagai Sirah Cai Kahuripan. Namun yang paling banyak tahu dan paling terkenal adalah dengan sebutan Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Bahkan jika kamu bertanya pada warga sekitar hanya dengan kata â??Cikahuripanâ? maka mereka akan langsung tahu dan langsung menunjukkan jalannya kepadamu.

Jika diartikan kata per kata, Talaga Cikahuripan memiliki arti â??danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupanâ?. Hampir sama dengan sebutan lainnya yaitu Sendang Geulis Kahuripan. â??Sendangâ? dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti, kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus. â??Geulisâ? dalam bahasa sunda berarti cantik. Sedangkan â??Kahuripanâ? dapat diartikan sebagai kehidupan. Jadi bila diartikan secara keseluruhan â??Sedang Geulis Kahuripanâ? memiliki arti kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan mampu memberi kehidupan bagi orang disekitar.

Mata Air Cantik Si Pemberi Kehidupan

Tak heran jika tempat ini disebut sebagai mata air yang cantik. Airnya yang sangat jernih, dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dan berada di tengah perbukitan menjadikan tempat ini nampak cantik dan indah. Selain cantik dan indah, tempat ini juga mampu menjadi sumber kehidupan. Telah kita ketahui bahwa air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk yang ada di bumi. Begitu pun dengan Mata Air Cikahuripan ini yang berguna bagi masyarakat sekitar untuk keperluan rumah tangga, pengairan sawah dan irigasi.

Mata Air Penuh Khasiat dan Manfaat

Selain bermanfaat untuk sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Mata air ini juga dipercaya mampu menyehatkan tubuh dan berguna bagi kulit. Tubuh yang terasa pegal-pegal akan segar kembali setelah berendam di kolam dari mata air Sendang Geulis Kahuripan yang airnya sangat dingin ini. Selain itu mata air ini dipercaya mampu mempercantik dan memperhalus kulit, serta mampu membuat orang yang berendam di kolam ini tampak awet muda.

Kolam Renang di Tengah Sawah dan Perbukitan

Yang membuat tempat ini unik adalah karena terletak di dekat sawah dan perbukitan yang masih terjaga keasriannya. Dibawah Talaga Cikahuripan ini dibangun kolam renang yang airnya berasal dari mata air Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Namun sangat disayangkan kolam renang ini kini tak terawat dan terlihat kotor oleh lumpur yang mengendap di dasar kolam renang.

Tiket Masuk Talaga Cikahuripan / Sendang Geulis Kahuripan

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam, dinginnya mata air Sendang Geulis Kahuripan atau pun mencoba sensasi berenang di kolam renang yang berada di tengah sawah ini sangat murah meriah. Yaitu hanya di kenakan biaya tiket sebesar 10.000 rupiah/orang.

Fasilitas Talaga Cikahuripan / Sendang Geulis Kahuripan

Bisa dibilang fasilitas yang disediakan oleh pengelola Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan ini cukup lengkap. Di tempat ini terdapat warung untuk membeli makanan dan minuman, tempat parkir, saung untuk istirahat, toilet, dan tempat ganti pakaian setelah basah-basahan di Sendang Geulis Kahuripan atau kolam renangnya.

Lokasi dan Alamat Talaga Cikahuripan / Sendang Geulis Kahuripan

Secara administratif Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan ini berlokasi di Kecamatan Cikalong Wetan. Tempat ini dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat & Banten, KPH Bandung Utara

Rute dan Akses Jalan Menuju Talaga Cikahuripan / Sendang Geulis Kahuripan

Cukup sulit untuk menemukan tempat ini karena sedikitnya informasi yang bisa didapat melalui internet. Selain itu tidak adanya plang informasi penunjuk jalan semakin menambah kesulitan untuk menemukan tempat yang anti mainstream ini. Untuk bisa sampai ke tempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Tapi disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena jalanan yang kecil dan sulit untuk dilalui oleh mobil.

Untuk bisa sampai ditempat ini yang pertama adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Cikalong Wetan. Setelah melewati batas perbatasan Cikalong Wetan harap melihat arah kanan. Sekitar 3 Km dari batas kecamatan tersebut terdapat pertigaan dengan gapura berbentuk nanas di ujungnya dan terdapat pos ojek.

Dari gapura nanas/pos ojek tersebut lanjutkan perjalanan sekitar 4 Km. Saat hampir tiba jalanan akan semakin rusak parah dan perlu kehati-hatian dalam berkendara. Jalanan beraspal akan berganti dengan jalanan tanah yang licin dan berbatu. Jika ragu untuk menggunakan motor dengan jalanan yang rusak parah, kamu bisa memarkirkan kendaraan di Sekolah Dasar (SD) di pertigaan menuju Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Dari Sekolah Dasar tersebut kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perkebunan dan persawahan. Perjalalanan dengan berjalanan kaki tak akan terasa, karena pemandangan yang disuguhkan sangat sayang untuk dilewatkan. Hamparan sawah yang berundak-undak yang terlihat selama perjalanan sangatlah indah dan mirip dengan suasana perasawahan di Bali.

Gimana tertarik untuk datang ke Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan lalu mandi di kolam mata air yang airnya sangat jernih ini? Jangan lupa untuk ajak keluarga, teman, sahabat atau pacar agar perjalananmu berkesan dan menyenangkan. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak