5 Desa Terunik di Indonesia


Indonesia tidak hanya punya kota-kota besar yang maju dan berkembang saja. Sama halnya di luar negeri, negara kita ini juga punya banyak sekali desa-desa kecil dan berkembang dari ujung Sabang hingga Merauke. Meski begitu, justru penduduk di desa bisa dibilang beruntung. Sebab mereka punya keleluasaan lebih untuk berkembang dengan budaya, tradisi dan kebiasaan mereka sendiri. Alhasil, tak heran kalau di negara kita ini masih banyak desa-desa unik yang eksis. Berikut adalah 5 desa terunik di Indonesia yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

1. Desa Kasuran

Desa Kasuran (Kaskus)
Desa Kasuran (Kaskus)

Desa Kasuran yang terletak di Margodadi, Kecamatan Sayegan, Sleman ini memang tidak terlihat berbeda dengan desa lainnya. Tapi, letak keunikan desa ini adalah tidak ada satu pun warga di sana yang tidur dengan menggunakan kasur. Mereka memang menggunakan ranjang biasa pada umumnya. Tapi, kamu nggak bakal menemukan kasur di atas ranjang mereka. Sebab, mereka memang punya tradisi turun temurun yang terjaga betul. Hingga, sampai sekarang mereka tidur hanya menggunakan alas tikar saja.

2. Ulutaue

Penduduk Ulutaue (Kaskus)
Penduduk Ulutaue (Kaskus)

Desa yang dikenal dengan nama Ulutaue atau Desa Kepiting ini terletak di Kecamatan Mare, Bone, Sulawesi Selatan. Di desa ini, penduduknya bisa dibilang kurang beruntung. Sebab, penduduk di desa ini memiliki kelainan genetik yang memang sudah sejak lama terjadi. Hal ini menyebabkan bagian jari kaki mereka memiliki bentuk belahan yang mirip dengan capit kepiting.

3. Desa Ngelepen

Desa Ngelepen (Kaskus)
Desa Ngelepen (Kaskus)

Desa Ngelepen yang terletak di wilayah Prambanan, Sleman ini lebih dikenal dengan Desa Teletubbies. Hal itu dikarenakan desa yang punya pemandangan indah setiap pagi ini terdiri dari rumah-rumah berbentuk bulatan telur persis rumah Teletubbies. Bahkan jika kamu ingin berkunjung, kamu malah lebih baik menyebut Desa Teletubbies saja. Sebab, nama itu sudah lama menjadi trademark tersendiri di Sleman, Yogyakarta. 

4. Desa Pemakan Tanah

Salah satu penduduk Desa Pemakan Tanah (Kaskus)
Salah satu penduduk Desa Pemakan Tanah (Kaskus)

Tepatnya kamu bakal menemukan desa ini di Kota Tuban, Jawa Timur. Desa ini terkenal dengan tradisi membuat camilan yang bahannya berasal dari tanah yang bersih, halus tanpa kerikil. Bahkan, camilan unik ini dianggap sebagai obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Camilan obat yang disebut ‘Ampo’ ini juga dipercaya bakal membuat kulit bayi lebih halus saat dikonsumsi ibu sejak mengandung.

5. Desa tanpa asap rokok

Desa Tanpa Asap Rokok (Kaskus)
Desa Tanpa Asap Rokok (Kaskus)

Desa Tanpa Asap Rokok, atau Desa Anti Rokok ini tak hanya ada satu di Indonesia, namun ada beberapa. Contohnya saja seperti Desa Sitiung di Sumbar, Desa Bulaksari di Surabaya, Desa Bone-Bone di Sulsel, Desa Ngunut di Yogyakarta dan lain-lain. Sesuai namanya, penduduk desa tersebut komitmen untuk bersih dari asap rokok. Alhasil, kamu tidak akan menemukan yang namanya perokok atau orang lain boleh merokok di sana. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak