Kenapa Tikus Tak Tersetrum Saat Menggigit Kabel?


Tikus, binatang pengerat satu ini ada dimana-mana. Kamu mungkin termasuk salah satu orang yang dibuat kesal oleh tikus, pasalnya binatang satu itu suka berbuat onar di dapur. Tidak hanya itu, kabel-kabel di rumah maupun kantor selalu dibuatnya putus. Sebagaimana julukannya, binatang pengerat ini memang suka mengerat apapun yang ditemukannya. Bukan karena ia memakan itu semua, melainkan hanya menggigit-gigit saja. Hal itu bertujuan untuk mengasah giginya agar tidak tumbuh panjang.

Namun muncul satu pertanyaan. Mengapa saat tikus itu tidak tersetrum saat menggigit kabel? Berikut ini ada beberapa teori dan penjelasan yang mungkin bisa dijadikan alasannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

 

1. Tikus menggigit bagian kabel tak berarus listrik

Ilustrasi kabel (Ridwanareman)
Ilustrasi kabel (Ridwanareman)

Perlu diketahui bahwa kabel listrik rumah berarus bolak-balik, artinya ia mempunyai dua kutub yang berarus listrik dan yang tidak. Jika kita tes menggunakan taspen, pada colokan (stop kontak) maka akan ketahuan bahwa bagian berarus listrik ditunjukkan dengan nyala pada taspen. Tikus tidak kesetrum kemungkinan ia hanya menggigit bagian kabel yang tidak ada arus listriknya sehingga tidak kesetrum. Atau mungkin kabel yang digigitnya memang sedang dipadamkan sehingga tidak ada arus listriknya.

2. Tikus tidak sengaja menginjak isolator

Tikus (Liputan6)
Tikus (Liputan6)

Mungkin kamu dulu pernah belajar, kalau dalam kelistrikan dikenal istilah konduktor dan isolator. Konduktor adalah benda yang bisa menghantarkan listrik, sementara isolator benda yang tidak menghantarkan listrik. Tikus yang tidak tersetrum saat menggigit kabel kemungkinan saat itu tikusnya kebetulan menginjak isolator seperti plastik, sehingga tidak tersetrum.

3. Tersetrum sedikit dan kabur

Tikus (Tribunnews)
Tikus (Tribunnews)

Kemungkinan terakhir adalah mungkin saja tikus itu sebenarnya tersetrum, namun tikus itu buru-buru melepaskannya karena kaget sehingga akhirnya bisa kabur. Oleh karena itu sangat jarang, bahkan tidak pernah kita temukan seekor tikus terpanggang karena kesetrum listrik saat menggigit kabel. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak